Situs Portal Berita Riau
bintang florist
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus PendidikanGaji Guru Bantu Riau akan Naik

Kamis, 19 Juli 2012 - 11:45:28 WIB


PEKANBARU-Dinas Pendidikan Provinsi Riau, berencana untuk menaikkan gaji guru bantu. Untuk merealisasikannya, Disdik telah mengusulkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan yang sekarang dalam tahap pembahasan.

Kepala Disdik Provinsi Riau, HM Wardan, Rabu (18/7) membenarkan rencana untuk menaikkan gaji guru bantu tersebut. Namun Wardan belum memastikan apakah pengajuan tersebut disetujui atau tidak oleh DPRD, karena masih dalam tahap pembahasan. "Sejauh ini kami melihat anggota Komisi D DPRD Riau memberikan respon baik atas rencana tersebut," kata Wardan. 

Apalagi selama ini, wakil rakyat memang menaruh perhatian besar pada hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan pendidikan daerah. Gaji guru bantu diusulkan naik menjadi berkisar Rp1,2 juta per bulan. Rencana kenaikkan itu disesuaikan dengan Upah Miminum Regional (UMR) yang berlaku saat ini. 

Wardan menilai, usulan kenaikan gaji ini merupakan wujud kepedulian pemerintah terhadap dunia pendidikan. Khususnya bagi para guru yang menjadi ujung tombak keberhasilan pendidikan di daerah. Dia berharap, jika usulan itu diterima dan disahkan, kinerja para guru bantu semakin membaik dan tetap mempertahankan kedisiplinan kerja. Sehingga, hasil dari yang diberikan di sekolah memang berkualitas.

Sementara itu, rencana kenaikkan gaji disambut baik para guru bantu. Koordinator Guru Bantu Provinsi Riau, Ni Nyoman Kresnawati SPd menyampaikan terima kasihnya pada pemerintah provinsi yang mengusulkan kenaikkan gaji itu. "Kami sangat berterima kasih pada pemerintah provinsi yang sangat perhatian dengan nasib guru bantu. Apalagi guru bantu saat ini, khususnya yang bertugas di Pekanbaru sedang dirundung duka akibat dikuranginya tunjangan transportasi," ujarnya. 

Pengurangan uang transportasi dilakukan Pemerintah Kota Pekanbaru. Dari awalnya menerima Rp 650 ribu kini para guru bantu hanya menerima Rp 200 ribu. Nyoman berharap, pemerintah kembali memberikan tunjangan lain kepada guru bantu. Seperti penambahan uang transportasi dan tunjangan profesi. Karena dengan kondisi saat ini, para guru bantu terkadang mengalami kesulitan. (tpc)


Berita terkait :


Terkini
Terpopuler




 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus