Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Gempa Berkekuatan 5,9 SR Hari Ini Mengguncang Kepulauan Mentawai

Rabu, 13 Juni 2018

Gempa 5,8 SR di Kepulauan Mentawai (Foto: Dok. BMKG)

PADANG-Gempa bumi berkekuatan 5,9 skala Richter (SR) mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, hari ini. Setidaknya ada tiga kali gempa dalam selang waktu beberapa jam. 

"Benar terjadi dua kali gempa susulan," kata Seismolog Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Setyooajie Prayoedhie, Rabu (13/6/2018).

Gempa pertama terjadi pukul 06.08 WIB dengan kekuatan gempa mencapai 5,9 SR. Pusat gempa berada di laut pada kedalaman 41 km. Lokasi gempa ada di koordinat 2,06 lintang selatan (LS) dan 98,61 bujur timur (BT).

Sementara gempa kedua terjadi pukul 06.46 WIB dengan berkekuatan 5,5 SR. Lokasi gempa ada di koordinat 2,01 LS dan 98,64 BT pada kedalaman 10 km. "Hasil analisis update BMKG menyebut, gempa bumi tersebut memiliki kekuatan M 5,8," ujarnya.

Plt Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono mengatakan, lokasi dan kedalaman gempa ini termasuk gempa dangkal yang disebabkan aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia ke bawah Lempeng Eurasia tepatnya di zona Megathrust yang merupakan zona subduksi lempeng yang berada di Samudera Hindia sebelah barat Sumatera.

"Konvergensi kedua lempeng tersebut membentuk zona subduksi yang menjadi salah satu kawasan sumber gempabumi yang sangat aktif di wilayah Sumatra. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dipicu oleh penyesaran naik (Thrust Fault)," urai Rahmat.

Gempa dirasakan dalam skala III-IV Modified Mercalli Intensity (MMI) yang artinya dirasakan banyak orang di dalam dan luar rumah yang membuat jendela berderik. Gempa susulan sempat terjadi dua kali. Pada pukul 06.46 WIB dengan berkekuatan 5,5 SR. Lokasi gempa ada di koordinat 2,01 LS dan 98,64 BT pada kedalaman 10 km. Dan pukul 09.07 WIB terjadi gempa skala 5,6 SR.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (*) 



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Detikcom


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus