Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Properti

Genteng Tanah Liat Bantu Ademkan Hunian

Selasa, 27 November 2012


Perubahan cuaca secara ekstrim sekarang sangat berpengaruh terhadap kenyamanan dalam rumah. Terutama siang hari, dimana suhu yang cukup tinggi membuat suasana rumah juga kurang nyaman. Karena itu dibutuhkan solusi dalam membangun rumah, seperti pengaturan sirkulasi udara dan pemilihan bahan bangunan, khususnya pemilihan atap. 

Genteng dengan bahan tanah liat merupakan salah satu alternatif pemilihan atap yang sekarang mulai kembali diminati. Meski prosesnya memerlukan energi yang tidak sedikit, tetapi di sisi lain tanah liat sebenarnya dapat menyerap panas. Ini yang membuat rumah menjadi lebih sejuk.

Genteng tanah liat ada yang berbentuk plentong "genteng kodok", atau genteng daun. Pemasangan dilakukan dengan kemiringan 22,5-45. Kemiringan ini membuat air hujan tidak dapat masuk melalui sambungan antargenteng. Bobotnya pun terbilang ringan, tak sampai 1 kg.

Pemasangan genteng plentong tidak membutuhkan struktur atap yang rumit. Genteng plentong bisa dipasang pada kayu reng dengan ukuran penampang 2/3 dan jarak antar reng 30cm-35cm. Setiap 1m butuh paling kurang 25 keping genteng.Ibarat pembuatan barang-barang seni tradisional, proses pembuatannya pun masih manual, sehingga seringkali ukuran genteng yang satu dengan lainnya tidak sama persis. Ini yang membuat celah di antara genteng, atau mengakibatkan cantelan ke reng kurang maksimal. Untuk menghindari tampias, pasang lembar aluminium foil di bawah genteng.

Salah satu kekurangannya adalah bahan tanah liat mudah pecah, jadi genteng harus dipasang dengan hati-hati. Biasanya, genteng akan diangkut ke atap dan dijajarkan dalam satu baris. Setelah itu baru dilakukan pemasangan, dengan tetap memberikan ruang untuk berjalan.

Nah, permukaan genteng yang sudah lama umumnya akan berjamur, dan berubah kehitaman. Sebagian orang menyenangi warnanya yang natural seperti ini. Bila Anda tidak menyukainya, Anda hanya tinggal mengecat ulang saja. Simpel bukan? (idea)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus