Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Gerindra Berikan SK Dukungan Achmad-Hardianto, Demokrat Jadi Penentu?

Sabtu, 06 Januari 2018

SK dukungan dari DPP Partai Gerindra. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com)

PEKANBARU-Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyerahkan Surat Keputusan dukungan terhadap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau Achmad dan Hardianto. Dalam surat bernomor 12-0040/B/DPP-GERINDRA/Pilkada/2017 ini, Prabowo meminta Achmad-Hardianto segera melengkapi dukungan dari partai lain sebagai persyaratan pencalonan. 

Prabowo juga memberikan tenggang waktu sampai hari ini, Sabtu (6/1/2018) untuk melengkapi persyaratan tersebut. Bila persyaratan ini tidak dipenuhi, maka dukungan tersebut akan dibatalkan. Gerindra sendiri memiliki tujuh kursi di DPRD Riau. Artinya, Achmad masih membutuhkan minimal enam kursi untuk bisa mendaftar ke KPU.

Sementara partai yang masih tersisa adalah PPP yang sudah mengusung Firdaus MT-Rusli Effendi, kemudian PKB dengan enam kursi yang juga sudah resmi mengusung pasangan Lukman Edy dan Asri Auzar. Terakhir adalah Partai Demokrat yang masih belum menentukan pilihan koalisi. Demokrat sendiri memiliki sembilan kursi di parlemen.

Melihat hasil tersebut, peluang dukungan koalisi yang bisa diperoleh Achmad dan Hardianto tentunya Demokrat. Karena Achmad sendiri merupakan mantan Plt DPD I Partai Demokrat Riau. Meski demikian, PKB dan PPP juga akan berharap banyak bisa berkoalisi dengan Demokrat. Sebab, PKB sendiri menggandeng Asri Auzar yang merupakan Ketua DPD I Partai Demokrat. 

Sementara PPP tentunya berharap bisa memperoleh dukungan Demokrat. Sebab, Firdaus MT merupakan kader Demokrat Riau dan Ketua DPD II Demokrat Pekanbaru. Artinya, ketika pasangan tersisa ini tentunya akan menjadikan Demokrat sebagai peluang terakhir untuk maju bertarung dengan dua pasangan yang sudah memastikan diri berlaga, yakni Syamsuar-Edy Natar yang didukung PAN, PKS dan Nasdem (13 kursi). Pasangan kedua adalah Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno yang didukung Partai Golkar, PDI Perjuangan dan Hanura (24 kursi).

Sebelumnya, Achmad ketika dihubungi wartawan membenarkan sudah menerima surat dukungan Gerindra. Dia sampai sekarang masih mengupayakan agar Demokrat bisa memilihnya untuk maju ke Pilgub Riau. “Insya Allah saya maju, doakan saja,” ujar Achmad, siang tadi. (andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus