Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Gerindra Siapkan 133 Calon Kepala Daerah di Pilkada Sumbar 2020

Rabu, 29 Januari 2020

Ketua Gerindra Sumbar Andre Rosiade bersama calon kepala daerah. (Foto:Kompas.com)

PADANG-Partai Gerindra mulai bersiap menghadapi Pilkada serentak 2020. Untuk Sumatera Barat, Gerindra sudah menyiapkan 133 nama yang akan bertarung. Tujuh nama disiapkan untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan sisanya di pemilihan bupati dan wali kota pada 13 kabupaten dan kota di Sumbar. 

"Untuk Pilgub Sumbar 2020, awalnya ada 8 nama disiapkan, namun satu nama mengundurkan diri saat penyampaian visi dan misi, Senin (27/1/2020) lalu," ujar Sekretaris DPD Gerindra Sumbar Ismunandi Sofyan, Rabu (29/1/2020). 

Ketujuh nama dimaksud adalah Nasrul Abit, kader Gerindra yang kini Wakil Gubernur Sumbar, kemudian Mulyadi (anggota DPR RI), Indra Catri (Bupati Agam) dan Edriana (mantan juru bicara Prabowo-Sandi). 

Selain itu ada nama Shadig Pasadiqoe (mantan Bupati Tanah Datar), Syamsu Rahim (mantan Bupati dan Walikota Solok) serta Reydonnyzar Moenek (birokrat). "Untuk Desrio Putra yang merupakan anggota DPRD Sumbar memilih untuk mengundurkan diri," ujar Ismunandi. 

Ismunandi merinci, untuk pemilihan Walikota Bukittinggi dan Solok, masing-masing empat nama disiapkan. Kemudian di Pasaman ada tujuh nama, Pasaman Barat 15 nama, Limapuluh Kota 10 nama dan Agam 12 nama. 

Selanjutnya Tanah Datar 17 nama, Padang Pariaman 15, Dharmasraya enam nama, Kabupaten Solok 11 nama, Pesisir Selatan tiga nama, Solok Selatan 10 nama dan Sijunjung 12 nama. "Total ada 133 nama yang sudah terjaring dan saat ini dalam proses penyampaian visi dan misi," ulas Ismunandi. 

Setelah selesai penyampaian visi dan misi, menurut Ismunandi, selanjutnya nama-nama yang masuk daftar Gerindra tersebut dipersilakan meningkatkan popularitas dan elektabilitasnya. "Pada akhir Februari nanti akan dilakukan survei oleh lembaga survei Indikator untuk menentukan nama-nama yang akan dikirim ke DPP Gerindra," jelas Ismunandi. 

Tiga nama untuk masing-masing daerah dikirim ke DPP untuk diputuskan oleh DPP menjadi calon yang diusung partai pimpinan Prabowo Subianto itu. "Diperkirakan pada Maret, nama-nama yang diusung Gerindra sudah keluar," tukasnya. 

Sebagai pemenang Pemilu di Sumbar, kata Ismunandi, Gerindra bertekad memenangkan Pilkada 2020. "Makanya nama-nama yang akan kita kirim ke DPP itu adalah nama-nama yang popularitas dan elektabilitasnya yang tinggi berdasarkan hasil survei," ujarnya. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Kompas.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus