Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Sport

Gol David Luiz Dekatkan Chelsea Menuju Final Europa

Jumat, 26 April 2013


SWISS-Chelsea bertandang ke St Jakob Park, Jumat (26/4) untuk menghadapi tuan rumah FC Basel dalam leg pertama semifinal Liga Europa. Chelsea datang ke Swiss demi menyelamatkan satu-satunya trofi yang mungkin mereka dapat musim ini.

Hasilnya, The Blues Chelsea mampu menang meski dengan skor tipis 2-1 di kandang lawan. Gol Victor Moses pada babak pertama mampu dibalas oleh Fabian Schar lewat penalti pada babak kedua. David Luiz muncul sebagai pahlawan dengan gol tendangan bebasnya pada akhir pertandingan.

Rafael Benitez melakukan rotasi besar-besaran dalam skuad Chelsea. Ia memasukkan dua kapten, John Terry dan Frank Lampard, ke starting line up. Benitez memasang David Luiz sebagai gelandang serta mengistirahatkan Juan Mata dan Oscar. Selain itu Ashley Cole juga sudah kembali bermain setelah sempat mengalami cedera.

Chelsea sudah unggul ketika pertandingan berjalan 12 menit. Tendangan penjuru Lampard hanya melewati Branislav Ivanovic. Untung bagi Chelsea, Victor Moses ada di saat dan posisi yang tepat untuk menyundul bola ke pojok atas gawang Yann Sommer.

Eden Hazard meneror pertahanan Basel dari segala sisi pada babak pertama. Di lain pihak, Basel mengalami kesulitan untuk menciptakan peluang karena Chelsea bermain sabar dan rapi. Babak pertama diakhiri dengan keunggulan satu gol Chelsea.

Memasuki babak kedua, Basel mencoba untuk tampil lebih menyerang. Valentin Stocker menjadi pemain Basel yang paling aktif mencoba mengancam gawang The Blues. Meski demikian, Chelsea bertahan dengan sangat kokoh dan mampu menahan semua serangan Chelsea.

Lalu terjadilah drama menjelang pertandingan berakhir, tepatnya pada menit ke 87. Wasit menunjuk titik putih di depan gawang Petr Cech setelah Ivanovic didakwa menjatuhkan Stocker dalam mengantisipasi sebuah umpan silang Basel. Keputusan wasit ini mungkin sedikit kontroversial karena Ivanovic tidak terlihat bertindak agresif dalam duel bola atas itu.

Fabian Schar yang menjadi eksekutor bagi Basel mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Kedudukan kembali imbang. Namun drama masih belum selesai.

Ketika pertandingan nampaknya akan berakhir 1-1, Chelsea mendapat tendangan bebas beberapa meter di depan gawang Basel. Para pemain Chelsea nampaknya sudah mematangkan latihan tendangan bebas mereka untuk mengantisipasi situasi seperti ini.

David Luiz yang menjadi penendang menempatkan bola melewati lubang dalam pagar betis Basel. Lubang itu tercipta karena pemain Chelsea yang sebelumnya 'ikut' menjadi pagar meninggalkan tempatnya. Bola tendangan Luiz mampu digapai oleh Sommer namun tetap tak terbendung dan meluncur ke dalam gawang.

Gol Luiz tersebut menjadi aksi terakhir dalam pertandingan ini. Hasil ini membuat langkah Chelsea untuk mencapai final kian ringan. Mereka sudah punya kemenangan, dua gol away dan akan menjalani leg kedua di rumah sendiri, Stamford Bridge. (bla/bsh)


Susunan pemain:
Basel:
Sommer; P. Degen, Schar, Dragovic, Park; Geoffrey (Diaz, 61'), El-Nenny (Zoua, 65'); Salah (Degen, 78'), F. Frei, Stocker; Streller.
 
Chelsea:
Cech; Azpilicueta, Terry, Ivanovic, Cole; Luiz, Lampard (Oscar, 79'); Ramires, Hazard (Mata, 71'), Moses; Torres.


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus