Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Guru PNS di Batang Gangsal dan Batang Cinaku Inhu Minim, Disdik Harus Atur Penempatan!

Selasa, 12 September 2017

Anggota Dewan minta Dinas Pendidikan atur distribusi guru PNS. (Foto:Istimewa)

INDRAGIRI HULU-Kebutuhan terhadap tenaga guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di sejumlah sekolah Kecamatan Batang Gansal dan Kecamatan Batang Cinaku, Kabupaten Inhu cukup tinggi. Artinya, jumlah tenaga guru saat ini terbilang minim.

"Jangankan berbicara untuk memenuhi kebutuhan guru di 14 kecamatan yang ada di Inhu, untuk memenuhi kebutuhan guru PNS di dua kecamatan ini saja masih sulit," kata anggota DPRD Inhu dapil II Alasson Sinaga kepada fokusriau.com, Selasa (12/9/2017) di Rengat.

Dia mengaku prihatin melihat penempatan tenaga guru PNS di dua kecamatan tersebut, baik guru SD, SMP maupun SMA sederajat. Saat ini, jumlah guru PNS untuk satu sekolah hanya 1-3 orang saja, sisanya adalah guru honorer. Seperti di SD Negeri 16 Desa Siambul, Kecamatan Batang Gansal. "Disini lebih banyak guru honor dari pada guru PNS. Karena di sini hanya 1 orang guru PNS dan itupun adalah kepala sekolah. Selebihnya adalah tenaga honor sebanyak 7 orang. Untuk sekolah lainnya ada juga hanya 3 orang guru PNS dan 12 orang guru honorer yang digaji Rp300.000 setiap bulan," urainya.

Lantas, bagaimana para siswa bisa berprestasi kalau gaji guru honorer hanya Rp300.000 perbulan. "Kondisi tersebut cukup miris, apalagi ada guru honorer sudah 12 tahun mengajar, tapi masih menerima gaji Rp300.000 saja setiap bulan. Jadi prihatin memang melihat nasib tenaga honorer di sini," ujarnya. 

Untuk itu, Alasson berharap, Dinas Pendidikan bisa membuat trobosan baru dalam penempatan guru sesuai kebutuhan sekolah tanpa mengesampingkan honor komite yang nota bena honornya sangat minim. (obrin)  


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus