Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Rohul

Hafit: Menjaga Keamanan dan Ketertiban Kewajiban Semua

Rabu, 17 April 2013


PASIR PENGARAYAN-Wakil Bupati Rokan Hulu, Hafit Syukri mengatakan, menjaga kemananan dan ketertiban bukan hanya menjadi kewajiban TNI dan Polri semata, tetapi tanggungjawab seluruh aparatur pemerintah dan elemen masyarakat.

Sesuai instruksi Presiden No 2 tahun 2013 tentang menjaga kemananan dan ketertiban dijelaskan, menjaga keamanan dan ketertiban merupakan kewajiban semua pihak. "Karena itu, semua element harus ikut bersama menjaga keamanan dan ketertiban agar tercipta suasana kondusif, damai dan jauh dari konflik," kata Hafit Syukri pada apel Kesadaran Nasional, Rabu (17/4) di Kantor Bupati.

Dikatakan, saat ini marak terjadi berbagai konflik massa dalam masyarakat. Ini merupakan salah satu potensi dari ketidaknyamanan dalam masyarakat, termasuk antara masyarakat dengan perusahaan yang beropersi di lingkungan masyarakat. Menurutnya, konflik yang terjadi antara masyarakat dan perusahaan umumnya muncul karena ketidak jelasan program kerjasama atau karena masalah tapal batas.

Hendaknya, menurut Hafit, potensi persoalan seperti konflik lahan masyarakat dengan perusahaan tidak terjadi di Rokan Hulu. Karena mencegah lebih baik dari menyelesaikan konflik itu sendiri. "Kita minta seluruh aparatur ikut menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Karena sesuai instruksi Presiden, menjaga keamanan dan ketertiban merupakan kewajiban semua pihak," ujarnya.

Menurut Hafit, melakukan pencegahan terhadap semua potensi konflik lebih baik dilakukan sejak awal. Sebab, penyelesaian dari konflik yang muncul akan lebih rumit daripada mencegah konflik itu terjadi. Karena mengatasi konflik akan menguras banyak biaya dan tenaga. "Sebagai aparatur yang baik, hendaknya bersama-sama menjaga keamanan agar tercipta suasana kondusif," tukasnya.

Dengan hari kesadaran nasional yang diperingati ini, Hafit mengharapkan akan memunculkan kesadaran terhadap pentingnya ketertiban demi terciptanya stabilitas nasional. "Dengan momentum hari kesadaran nasional, mari kita tingkatkan kesadaran kita untuk menjaga keamanan dan ketertiban. Demi terciptanya stabilitas nasional," tukasnya. (adv/hms)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus