Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Sport

Hancurkan Sevilla 5-0, Barcelona Pertahankan Gelar Copa del Rey

Minggu, 22 April 2018

Pemain Barcelona merayakan keberhasilan menjuarai Copa del Rey 2018. (Foto:AFP)

MADRID-Barcelona memastikan diri meraih gelar pertamanya musim ini, setelah menghancurkan Sevilla pada laga final Copa del Rey yang berlangsung di Stadion Wanda Metropolitano, Sabtu (21/4/2018) atau Minggu dini hari WIB dengan skor akhir 5-0.

Lima gol kemenangan Barcelona pada laga di markas Atletico Madrid itu dicetak Luis Suarez (14', 40'), Lionel Messi (31'), Andres Iniesta (52'), dan pelatih Philippe Coutinho (69').  

Kendati hanya mencetak satu gol, Lionel Messi menjadi lakon utama pada laga ini. Bintang Barcelona asal Argentina itu juga menjadi kreator bagi gol kedua Suarez dan Iniesta. Barcelona juga menjadi klub tersukses pada ajang tersebut dengan koleksi 30 gelar juara. Mereka unggul jauh atas Athletic Bilbao (23) dan Real Madrid (19).

Di awal laga, Barcelona langsung menekan selepas kick-off. Ancaman pertama dicatatkan Lionel Messi dari tendangan bebas di menit ke-9, namun ditepis David Soria. Menit ke-14, Barcelona memetik keunggulan menghukum kelengahan Sevilla. Jasper Cillessen memanfaatkan pertahanan garis tinggi Sevilla dan mengirimkan umpan jauh dari tendangan gawang ke Philippe Coutinho di kanan.

Coutinho berlari tak terkawal sementara Luis Suarez bersiap di tengah. Di sisi kanan di dalam kotak penalti, Coutinho melepaskan umpan silang melewati kiper dan disontek Suarez ke gawang kosong.

Sevilla merespons di menit ke-18. Joaquin Correa mendapatkan bola di dalam kotak penalti namun sepakan volinya masih menyamping dari gawang.

Barcelona nyaris menggandakan keunggulan di menit ke-28. Suarez merangsek dan menyodorkan bola ke Andres Iniesta, yang langsung menyambar dengan sepakan keras. Bola sempat berbelok karena pemain Sevilla, lalu menghantam mistar gawang dan kembali ke area permainan.

Sundulan Franco Vazquez menyambut umpan Jesus Navas di menit ke-30 cuma tepat saja ke arah Cillessen. Semenit kemudian, Sevilla kebobolan. Alba merangsek dan mencoba melakukan umpan satu-dua dengan Iniesta. Bola sempat coba disapu bek Sevilla, tapi kembali jatuh ke kaki Alba. Dengan cerdik bek kiri Barcelona itu mengoper ke belakang dengan tumit dan bola darinya disambar Messi ke dalam gawang.

Di menit-33, Barcelona membangun peluang bagus lainnya. Sontekan cerdik Suarez membuat Messi tinggal berhadapan satu lawan satu dengan Soria. Tapi hakim garis mengangkat bendera tanda offside.

Barcelona pada prosesnya benar-benar menambah gol di menit ke-40. Suarez merangsek dan memberikan bola ke Messi saat memasuki sepertiga akhir.

Coutinho terlihat sudah menunggu operan di kanan, tapi Messi memilih memberikan umpan terobosan ke Suarez di tengah. Dengan dingin, Suarez mencocor bola melewati Soria. Babak pertama berakhir tak lama kemudian.

Sevilla memulai babak kedua dengan tampil lebih berani. Namun mereka sudah mendapatkan pukulan telak saat Barcelona bikin gol keempat di menit ke-52. Iniesta merangsek dari tengah, lalu memainkan umpan satu-dua dengan Messi. Iniesta menggiring bola ke sisi kanan di dalam kotak penalti, melewati kiper yang menerjang, lalu menceploskan bola dari sudut sempit.

Tak lama kemudian, Barcelona sudah mendapatkan peluang lainnya. Dari bola mati, tendangan bebas mengarah ke tengah kotak penalti dan ditanduk Suarez. Soria menepisnya, tapi bola liar jatuh di jangkauan Samuel Umtiti. Di momen terakhir, Soria menghalau sontekan Umtiti dan bola mengenai bek Barcelona itu sebelum kemudian bergulir ke luar lapangan.

Barcelona mendapatkan penalti di menit ke-68. Coutinho mulanya mendapatkan bola yang memantul dari Clement Lenglet dan menceploskannya ke dalam gawang. Tapi wasit memutuskan Lenglet melakukan handball. Gol dibatalkan namun penalti diberikan. Coutinho maju sebagai eksekutor dan sukses menjalankannya.

Unggul 5-0, Barcelona mulai memainkan tempo. Beberapa kali skuat arahan Ernesto Valverde ini mendapatkan ruang besar di pertahanan Sevilla, namun gagal memaksimalkannya untuk menambah gol lagi.

Sebuah percobaan dari Suarez meneruskan umpan Sergi Roberto masih berakhir melebar, di menit-menit terakhir pertandingan. Tak lama kemudian pertandingan berakhir. (*)

Susunan pemain:
Sevilla: 13-David Soria; 25-Gabriel Mercado, 18-Sergio Escudero, 5-Clement Lenglet, 16-Jesus Navas; 15-Steven N'Zonzi, 10-Ever Banega; 17-Pablo Sarabia (3-Miguel Layun 82'), 22-Franco Vazquez (24-Nolito 86'), 11-Carlos Correa (23-Sandro Ramirez 46'); 20-Luis Muriel

Barcelona: 13-Jasper Cilessen; 3-Gerard Pique, 20-Sergio Roberto, 23-Samuel Umtiti, 18-Jordi Alba; 14-Philippe Coutinho (11-Ousmane Dembele 82'), 5-Sergio Busquets (15-Pauliho 76'), 4-Ivan Rakitic, 8-Andres Iniesta (6-Denis Suarez 88'); 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez.



Editor : Boy Surya Hamta
Sumber : Kompas.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus