Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Hanya Berbekal Izin HO dan SIUP, Disperindag Pekanbaru: Daily Mart Ilegal!

Rabu, 18 Oktober 2017

Daily Mart Jalan Hang Tuah Pekanbaru.(Foto: Andi Affandi/FokusRiau.Com)

PEKANBARU-Supermarket Daily Mart yang berada di Jalan Hang Tuah Pekanbaru, selama ini ternyata tak memiliki izin operasi berupa Izin Usaha Toko Modern (IUTM). Karena itu, Daily Mart harus ditutup.

Demikian disampaikan Kabid Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru Mas Irba Sulaiman di ruangannya, Selasa (17/10/2017). Menurutnya, sejak dua tahun lalu Disperindag sudah memperingatkan pemilik Daily Mart untuk menghentikan kegiatan supermarket yang berada persis di depan pasar sail itu. "Usahanya itu sama sekali tak memiliki izin. Dia hanya berbekal izin HO dan surat izin usaha perdagangan saja," kata Mas Irba.

Izin itu, menurut Mas Irba merupakan izin usaha pemilik yang tak pantas untuk izin saat ini. Untuk usaha supermarketnya saat ini, seharusnya pemilik memiliki IUTM klasifikasi supermarket dengan luas bangunan di atas 400 meter persegi.

Diberitakan sebelumnya, lokasi Daily Mart yang persis berada di depan Pasar Sail ini sangat dikeluhkan oleh para pedagang pasar tersebut. Sejak Daily Mart berdiri, pendapatan pedagang berkurang sampai 60 persen.

Kondisi Pasar Sail ini diperparah dengan menjamurnya pasar kaget di lingkungan tersebut. Dalam kurun waktu 3 tahun belakangan, Pasar Sail seperti enggan hidup tak mau mati. "Apalagi di hari-hari pasar kaget, di lantai II pedagang ini seperti main bola, itu karena sepinya pasar," ulas pengelola pasar Malano. (andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus