Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Sport

Hanya Butuh Dua Poin, Gelar La Liga Milik Barcelona

Senin, 06 Mei 2013


SPANYOL-Kemenangan Barcelona atas Real Betis 4-2 di jornada 34 makin mendekatkan Barca dengan gelar juara La Liga. Barca hanya butuh dua poin untuk mengunci gelar juara La Liga 2012/13. Lionel Messi kembali beraksi di laga ini, meski sebagai pemain pengganti dan menyumbang dua dari empat gol kemenangan Blaugrana.

Bukan kemenangan yang mudah bagi Barcelona di Camp Nou, Senin (6/5) dini hari WIB. Betis, yang tak pernah di tempat ini dalam ajang liga sejak 1998, bermain brilian demi mengamankan tempat di zona Liga Europa. Betis bahkan unggul cepat di awal laga lewat Dorlan Pabon, tapi Alexis Sanchez menyamakannya tak lama berselang.  Di penghujung babak pertama, Betis kembali memimpin melalui Ruben Perez. Barcelona baru bisa membalas di babak kedua lewat David Villa. Setelah itu, Messi masuk menggantikan Villa dan mencetak dua gol tambahan untuk Barcelona.

Berkat hasil ini, Barcelona tetap menjaga keunggulan 11 poin atas Real Madrid, sedangkan betis tertahan di posisi tujuh dengan empat laga tersisa. Bagi pasukan Tito Vilanova, kemenangan atas Atletico Madrid 12 Mei mendatang akan membuat raihan poin mereka tak bisa dikejar lagi oleh El Real sekaligus memastikan diri merebut gelar La Liga dari tangan sang rival.

Di laga melawan Betis ini sendiri, Barcelona membukukan sebuah kemenangan yang cukup meyakinkan. Secara keseluruhan, Barcelona mendominasi permainan dan membombardir barisan pertahanan lawan dengan gencar.

Betis memang sempat membuat publik Camp Nou dua kali terdiam lewat Pabon di menit 2 dan Perez di menit 43, tapi Sanchez serta Villa bisa menyamakannya pada menit 9 dan 56.

Setelah keadaan imbang 2-2, Messi, yang di laga sebelumnya, ketika Barcelona dihantam Bayern Munich 0-3 di tempat yang sama dalam ajang semifinal Liga Champions leg kedua, tidak bermain sama sekali, kali ini kembali beraksi. Dia masuk menggantikan Villa tepat setelah striker Spanyol itu mencetak gol kedua Barcelona.

Bukan pergantian yang buruk, karena empat menit di atas lapangan, Messi langsung membalikkan keadaan. Dengan tendangan bebasnya, sang bintang Argentina mencetak gol liganya yang ke-45 musim ini dan mengubah skor jadi 3-2 untuk Blaugrana.

Aksi Messi belum berhenti sampai di situ. Pada menit 71, setelah sebelumnya menghantam mistar dengan tendangan bebasnya yang lain, Messi menuntaskan assist Sanchez dan membawa Barcelona unggul 4-2.

Messi bahkan berpeluang mencetak hat-trick, namun sayang tendangan kaki kirinya dari dalam area di masa injury time belum menemui sasaran. Betis beruntung memiliki Adrian. Jika bukan berkat enam penyelamatannya, Betis bisa saja pulang dengan kekalahan lebih telak.

Skor 4-2 bertahan hingga peluit panjang dan Barcelona pun meraih sebuah kemenangan yang vital. Ini tak hanya mengakhiri tiga laga tanpa kemenangan Barcelona di semua kompetisi, tapi juga mendekatkan mereka pada takhta La Liga. (bla/bsh)

Susunan pemain:
Barcelona:
Pinto; Alves, Pique, Adriano (kuning 45'), Alba; Xavi, Iniesta, Song (Busquets 87'), Villa (Messi 56'), Alexis (Thiago 79'), Tello.

Real Betis:
Adrian; Chica, Mario, Amaya, Alex Martinez; Ruben Perez (kuning 54'), Salva Sevilla (Vadillo 60'); Pabon, Nosa (Campbell 69'), Ruben Castro; Jorge Molina.


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus