Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Harga Sawit Riau Kembali Terkoreksi Rp18,45 per Kg

Rabu, 05 Desember 2012


PEKANBARU-Petani sawit di Riau diminta untuk terus meningkatkan kapasitas produksinya, kendati harga tandan buah segar sawit mengalami penurunan sebesar Rp18,45 per kg. Saat ini, harga sawit di Riau dijual Rp1.256,39 per kg, padahal minggu lalu masih Rp1.274,85 per kg untuk sawit umur 10 tahun ke atas.

"Penurunan tersebut akibat faktor internal, dimana turunnya semua harga CPO dan kernel dari perusahaan sumber data," papar Ketua Tim Pelaksana Penetapan HTBS Sawit Provinsi Riau, Ferry HC di Pekanbaru, Rabu (5/12).

Dikatakan, perusahaan yang memasukkan data harga sawit adalah PT Asian Agri yang menyebutkan terjadi penurunan harga sebesar Rp66,96 per kg.  Sementara dari PTPN V juga mengalami penurunan sebesar Rp97,59/kg. Sementara sumber data harga dari  PT Sinar Mas juga mengalami penurunan harga sebesar Rp76,51 per kg. Begitu juga dengan PT Astra Agro Lestari yang juga terkoreksi menjadi Rp9,59/kg.

Harga sawit CPO dari PT Citra Riau Sarana tidak dapat dibandingkan, karena minggu lalu tidak memasukkan data harga baik CPO maupun kernel. "Untuk harga kernel, PT Sinar Mas mengalami  penurunan sebesar  Rp18 per kg, dan dari PT Asian Agri  justru mengalami kenaikan sebesar Rp37,47/kg," katanya.

Sementara dari  PT Astra mengalami penurunan sebesar Rp95,08/kg dan PT Citra Riau  Sarana tidak dapat dibandingkan karena minggu lalu tidak memberikan data harga. Sedangkan faktor eksternal dipengaruhi permintaan ekspor berkurang misalnya dari Malaysia.

Harga CPO kembali ditutup  melemah di sejumlah bursa. Di Malaysia Derivatives Exchange (MDEX) harga CPO  untuk kontrak pengiriman Februari 2013 mengalami penurunan sebesar 0,9 persen menjadi 2.410 ringgit Malaysia per ton dibandingkan dengan harga sebelumnya. Dalam sebulan  harga CPO telah melemah sebesar 8,71 persen.

Dalam siaran pers Rabu, 28 November 2012, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi merilis di Bursa Komoditi dan Derivatif Indonesia (BKDI), harga CPO juga mengalami penurunan. Untuk penyerahan Desember 2012, harga CPO ditutup pada level harga Rp6.900 per kg dari harga sebelumnya Rp6.995 kg per kg. Penurunan harga  CPO dipengaruhi oleh  penurunan ekspor Malaysia.

Ekspor CPO Malaysia  periode 1-25 November 2012 tercatat sebesar Rp1,28 juta ton. Jumlah itu menurun 1,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada Oktober 2012. Sementara itu  persedian CPO  pada Oktober mencapai jumlah  tertinggi sepanjang masa  yakni 2,51 juta ton.

Selain itu,  penurunan harga CPO juga dikarenakan saat ini masih musim panen raya. Kelapa Sawit selama masa panen raya,  stok makin menumpuk. Adanya musim panen raya berdampak pada penurunan harga tandan buah segar (TBS) kelapa sawit diseluruh Provinsi di Indonesia. (ant/den)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus