Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Hari Ketiga Ujian Nasional, 23 Siswa di Kota Dumai Drop Out

Rabu, 24 April 2013


DUMAI-Sebanyak 23 siswa SMP/MTs di Kota Dumai pada hari ketiga ujian nasional, Rabu (24/4) tidak lagi melanjutkan ujian dan dinyatakan drop out dengan berbagai alasan. Sebelumnya, terdapat 4.091 siswa SMT/MTS terdaftar sebagai peserta ujian nasional dari 50 sekolah penyelenggara UN tahun ini.
 
Namun pada hari ketiga ujian, terdapat 23 siswa dinyatakan drop out dengan berbagai alasan, salah satunya karena mngikuti orangtua yang pindah tugas. Dinas Pendidikan Dumai mencatat, ada 23 siswa yang drop out dan berasal dari SMPN 4 satu orang, SMPN 5 satu orang, SMPN 6 dua orang, SMPN 7 satu orang, SMPN 8 satu orang, SMPN 11 dua orang, SMP Lancang Kuning dua orang, SMP Budi Dharma tiga orang, SMP Erna satu orang, SMP Datuk Laksamana dua orang, SMPN 13 satu orang. Kemudian dari MTs Baiturahman satu orang, MTs Arrozak satu orang, MTs Al Huda satu orang, MTs Albarkah dua orang dan MTs Al Ghazali satu orang.
 
Ketua Panitia UN SMP/MTs Kota Dumai, Ridwan mengatakan, ke-23 siswa ini namanya sudah masuk dalam daftar peserta ujian nasional, namun akhirnya drop out. Di sisi lain, siswa yang mengikuti ujian diharapkan tetap yakin pada diri sendiri dan mengerjakan soal-soal ujian dengan tenang serta fokus.
 
“Soal ujian tidak akan dibuat di luar kemampuan siswa. Semua sudah diukur dengan kemampuan siswa, jadi yakinlah dengan diri sendiri. Kita doakan seluruh siswa berhasil 100 persen. Jangan dengar isu ada kunci ujian atau melakukan hal yang negatif seperti nyontek,” terangnya.
 
Terkaitan dengan puluhan siswa yang sudah dinyatakan drop out, Ridwan mengatakan, pihaknya mengimbau agar siswa yang drop out dapat terus menuntaskan pendidikannya dan melanjutkannya ke pendidikan yang lebih tinggi.
 
“Minimal jika siswa yang sudah dinyatakan drop out ini tidak mau lagi sekolah, mereka bisa mengikuti ujian paket nasional kesetaraan B setara SMP. Namun hendaknya selagi bisa, para siswa diharapkan kembali menempuh pendidikannya. Karena bila mereka tidak mampu, Pemerintah telah menyiapkan beasiswa untuk pelajar yang tidak mampu,” tukasnya.

Informasi lain yang diperoleh menyebutkan, ujian nasional hari ketiga di Kota Dumai tidak sepenuhnya berlangsung lancar. Pasalnya dari 50 sekolah penyelenggara ujian nasional tingkat SMP/MTs di Kota Dumai, satu sekolah yakni SMP Negeri 14 Dumai tidak kebagian naskah soal dan LJUN. Sementara Dinas Pendidikan Dumai, hingga saat ini belum ada yang bisa dikonfirmasi terkait kendala itu. (dik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Selasa, 17 September 2019 - 20:10:50 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 17:23:19 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 17:04:32 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 15:42:31 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 12:38:08 WIB


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus