Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Harusnya Untuk Masyarakat, Rp329 Juta Dana UED SP Desa Tani Makmur Malah Dipakai Pengurus

Kamis, 08 Agustus 2019

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

INDRAGIRI HULU-Bantuan Pemprov Riau tahun 2011 sebesar Rp500 juta untuk dana Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP) yang diperuntukan bagi penunjang kesejahteraan masyarakat, ternyata tidak tepat sasaran. Buktinya, Rp329 juta dana tersebut digunakan oleh pengurus, bukan masyarakat.

Demikian disampaikan Pj Kepala Desa Tani Makmur, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Riau Priyanto kepada FokusRiau.Com, Rabu kemarin. Menurutnya, pengurus UED-SP Desa Tani Makmur menggunakan dana tersebut sebesar Rp329 juta.

Namun demikian, sekarang pengurus sudah mulai mengembalikan dana tersebut ke kas desa. Saat ini total Rp67 juta dana sudah dikembalikan pengurus ke kas desa. Selama tiga bulan, dana sebesar Rp329 juta yang dipinjam pengurus harus dikembalikan ke kas desa, sesuai perjanjian tanggal 27 Juli lalu. "Dimana batas waktu pengembalian tanggal 25 Oktober nanti," kata Priyanto.

Ditegaskan, pengurus UED-SP di bawah naungan pemerintahan desa. "Saat itu bukan zaman saya, tapi kades sebelumnya. Namun soal dana yang dipakai pengurus sudah tidak ada masalah, karena sudah dibuat perjanjian. Seluruh dana yang dipakai akan dikembalikan.

Seiring permasalahan ini, Inspektorat Inhu dua hari lalu sudah melakukan pemeriksaan terhadap pengurus UED-SP Tani Makmur. "Mudah-mudahan selesai dengan niat baik mereka mengembalikan dana tersebut," harapnya. (*)





Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus