Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Otomotif

Hasil MotoGP Belanda 2019 Selengkapnya, Vinales Kalahkan Marquez

Senin, 01 Juli 2019

Marc Marquez dikepung Yamaha. (Foto:Reuters)

PEKANBARU-Pebalap Yamaha Maverick Vinales menang MotoGP Belanda 2019 dengan mengalahkan Marc Marquez pada balapan di Sirkuit Assen, Belanda, Minggu (30/6/2019). Duo Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir, memulai balapan dengan sangat baik. 

Rins dan Mir memasuki tikungan pertama dengan berada di posisi pertama dan kedua, disusul Fabio Quartararo dan Maverick Vinales. Marc Marquez yang start dari posisi empat turun ke posisi lima.

Setelah memimpin balapan selama dua lap, Rins melakukan kesalahan di tikungan sembilan pada lap ketiga dan terjatuh. Ditambah kesalahan Mir di tikungan 15, Quartararo kemudian memimpin balapan atas Vinales dan Marquez.

Di lap berikutnya Marquez berhasil menyalip Vinales dan menekan Quartararo. Nasib sial dialami Valentino Rossi. Setelah start dari posisi 14, Rossi terjatuh di lap kelima usai mengalami kecelakaan bersama Takaaki Nakagami.

Persaingan ketat terjadi antara Quartararo, Marquez, dan Vinales. Beberapa kali Vinales berusaha menyalip Marquez tapi selalu gagal. Sayang, kondisi persaingan ketat antara Marquez dan Vinales tidak mampu dimanfaatkan Quartararo untuk mempelebar keunggulan.

Marquez sempat memimpin balapan pada lap ke-11 setelah Quartararo gagal mengendalikan sepeda motor M1 di trek lurus karena kencangnya angin. Namun, kesalahan Marquez di tikungan pertama memasuki lap ke-12 dimanfaatkan Quartararo untuk kembali memimpin balapan.

Memasuki lap ke-14, Vinales berhasil menyalip Marquez di tikungan terakhir. Dua lap kemudian Vinales mengambil alih pimpinan balapan dengan menyalip Quartararo. Marquez kemudian naik ke posisi dua setelah menyalip Quarataro di tikungan kesembilan.

Marquez terbilang beruntung pada balapan MotoGP Belanda kali ini. Juara bertahan MotoGP itu beberapa kali diuntungkan dengan kesalahan yang dilakukan sejumlah pebalap pesaing di lini depan. Salah satunya terjadi pada lap ke-18 ketika Vinales melebar di tikungan pertama. Kondisi itu membuat Marquez sempat unggul 0,4 detik.

Vinales tidak membiarkan Marquez terlalu lama memimpin. Mantan pebalap Suzuki itu kembali memimpin pada tikungan ke-12. Pada titik ini Quartararo sudah cukup jauh tertinggal hingga lebih dari dua detik. Vinales semakin nyaman di posisi terdepan dengan keunggulan 0,5 detik atas Marquez memasuki lap ke-22. Satu lap kemudian Vinales unggul lebih dari satu detik atas Marquez.

Vinales akhirnya memastikan kemenangan MotoGP Belanda 2019 dengan mengalahkan Marquez dan Quartararo. Ini adalah kemenangan pertama Yamaha sejak Vinales menang di MotoGP Australia, 28 Oktober 2018. (*)

Hasil MotoGP Belanda 2019:
1. MAVERICK VINALES 40 menit 55,415 detik
2. MARC MARQUEZ +4.854
3. FABIO QUARTARARO +9.738
4. ANDREA DOVIZIOSO +14.147
5. FRANCO MORBIDELLI +14.467
6. DANILO PETRUCCI +14.794
7. CAL CRUTCHLOW +18.361
8. JOAN MIR +24.268
9. JACK MILLER +26.496
10. ANDREA IANNONE +26.997  



 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus