Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Indahnya Air Terjun Batang Koban Kuansing, Ada Pelangi Abadi di Tingkat Tujuh

Senin, 01 Januari 2018

Air terjun tujuh tingkat di Kuansing. (Foto:Istimewa)

KUANSING-Lubuk Ambacang merupakan ibukota Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau. Daerah ini terkenal dengan bentangan alam perbukitan dan menyimpan potensi wisata alam nan indah. 

Salah satu potensi objek wisata alam terbesar di negeri paling hulu Kuantan Singingi dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Sijunjung, Sumatera Barat ini adalah keberadaan Air Terjun 7  Tingkat Batang Koban, yang mulai terbuka untuk umum sekitar tahun 1990 an lalu.

Sejatinya, Batang Koban menjadi objek wisata andalan Kuansing dan Riau. Apalagi Pemkab Kuansing telah membangun fasilitas penunjang, seperti tangga, gazebo, mushala dan fasilitas penunjang lainnya di lokasi tersebut. Namun ketiadaan anggaran pemeliharaan membuat fasilitas-fasilitas tersebut mulai rusak.

Tahun ini, Batang Koban mendapatkan angin segar melalui tangan melalui Pusat Ilmu dan Jaringan Rakyat Melayu (Pijar Melayu) melalui programnya, mendorong Pemeritahan Desa Lubuk ambacang membentuk kelompok sadar wisata untuk mengelola dan mempublikasikan air terjun 7 tingkat Batang Koban yang juga bisa menjadi alternatif mata pencaharian berkelanjutan bagi masyarakat tempatan.

Setelah melakukan kunjungan ke Lokasi Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban, Senin pekan lalu  Direktur Eksekutif Pusat Pijar Melayu Rocky Ramadani, SP mengungkapkan kekaguman sangat luar biasa terhadap keindahan air terjun 7 tingkat batang koban di Lubuk Ambacang, Kecamatan Hulu Kuantan, Kabupaten Kuantan Singingi.

"Air terjun batang koban ini memancarkan pesona yang tak kalah indah jika dibandingkan dengan wisata wisata dari Provinsi Sumatera Barat ataupun daerah lain. Karena setiap tingkat memiliki pesona masing masing," ujar Rocky dikutip FokusRiau.Com dari kuansingterkini, siang tadi.

Apalagi pada tingkat 7 sungguh sempurna keindahannya. Karena ditingkat 7 ini memiliki ketinggian lebih kurang 37 M dan ada pelangi abadi disitu. Ini merupakan surga dunia. Pijar Melayu sebagai kelompok kajian strategis menilai Desa Lubuk Ambacang Sudah siap menjadi Desa sadar wisata. Tinggal diperbaiki sedikit di berbagai sektor.

"Saya sangat yakin jika air terjun ini dikelola dan dikembangkan dengan baik akan memberikan mamfaat sangat besar untuk masyarakat tempatan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuantan Singingi," ujarnya.

Dikatakan, Januari 2018 Pijar Melayu akan mendorong Pemerintah Kecamatan Hulu Kuantan dan Pemerintah desa Lubuk ambacang membentuk kelompok sadar wisata untuk mengelola dan mempublikasikan air terjun 7 tingkat ini yang kurang promosi di media nasional ini.

Kepala Desa Lubuk Ambacang Ardison menyambut positif program Pijar Melayu untuk menjadikan desa Lubuk Ambacang sebagai desa sadar wisata. Selama ini objek wisata yang sejatinya bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi masyarakat khususnya, dan tambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi Kuansing telah lama terlantar.

"Pemerintahan Desa Lubuk Ambacang mengucapkan terima kasih kepada Pijar Melayu yang telah memilih Air Terjun 7 Tingkat Batang Koban untuk dikembangkan,"ujar pria kelahiran tahun 1970 itu.

Ardison berharap, jika nantinya telah terbentuk kelompok sadar wisata, tujuan dari pembetukan desa sadar wisata tersebut benar-benar tercapai. "Tujuan untuk membentuk desa sadar wisata ini kan untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa dengan kerja sama kita bersama saya optimis akan tercapai," tukasnya. (indra h piliang)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus