Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Ingin Hidup Bahagia Ternyata Gampang, Jalani Cara Sederhana Ini

Rabu, 08 Januari 2020

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Semua orang tentu ingin hidup bahagia dan terhindar dari stres. Sebetulnya, gampang sekali untuk menciptakan rasa bahagia. Kebahagiaan merupakan salah satu tujuan setiap manusia dalam menjalani roda kehidupan. Siapapun, mungkin termasuk kamu akan berjuang dan berusaha keras untuk memperoleh kebahagiaan.

Namanya juga hidup, tidak melulu bisa mendapatkan apa yang diinginkan. Kadang bukan bahagia yang dirasakan, tapi justru sebaliknya. Kecewa, sedih, marah yang menghinggapi karena sebab-sebab tertentu.

Rasa bahagia bukan bergantung pada orang lain. Namun bergantung pada diri sendiri. Setiap individu dapat menciptakan rasa bahagia mereka sendiri. Bahagia bukan cuma persoalan materi, lebih dari itu. Bahagia bisa saja disebabkan oleh hal-hal sederhana yang sudah kamu lakukan. 

Merasa bahagia setiap waktu dapat terhindar dari stres dan depresi. Mulailah dengan selalu tersenyum dan selalu berpikir positif, sehingga muncul energi yang dapat memicu bahagia. Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat membuat hidup selalu bahagia serta jauh dari stres:

1. Jangan Berharap Berlebihan 
Setiap orang pasti punya keinginan, cita-cita atau mimpi yang ingin diwujudkan. Karena inilah, tak jarang mereka jadi terlalu berharap. Berharap akan sesuatu secara berlebihan hanya akan menimbulkan rasa khawatir tersendiri. 

Selain rasa khawatir, juga akan menimbulkan rasa sedih, kecewa, marah, bahkan jadi stres ketika apa yang diharapkan tidak terealisasi. Oleh karena itu, ada baiknya jika memiliki keinginan atau cita-cita, berharap secukupnya saja. 

Biarkan Tuhan yang akan menentukan dan mengabulkan seluruh harapanmu. Tugas kamu sebagai manusia adalah berikhtiar dan berdoa. Dengan begitu, ketika yang terjadi tak sesuai harapan, maka rasa ikhlas, serta lapang dada akan hadir.

2. Menerima Kekurangan dan Kelebihan Diri Sendiri 
Manusia memang tak ada yang terlahir sempurna. Ada kekurangan dan kelebihan masing-masing pada diri manusia, termasuk kamu. Kekurangan ini bisa secara fisik maupun mental. Ketika kamu tidak bisa menerima kekurangan tersebut, maka timbul stres. Selalu menganggap Tuhan tidak adil.

Cobalah untuk berdamai dengan diri sendiri. Berusaha ikhlas, menerima dan mencintai apapun yang ada di diri sendiri adalah yang terpenting. Sehingga kamu akan menjalani hidup apa adanya, tidak dibebani dengan masalah kekurangan tersebut, dan akhirnya tercipta rasa bahagia. 

3. Buang Sifat Iri, Dengki, dan Serakah
Ini nih yang bisa membuat rusak kebahagiaan, yakni punya sifat iri, dengki, dan serakah. Iri dan dengki dengan kesuksesan orang lain akan merusak ketenangan pikiranmu. Malah karena terlalu memikirkan terus, dapat berakibat stres pada dirimu.

Begitupun dengan sifat serakah. Kemaruk ingin ini itu meskipun harus diperoleh dengan cara-cara tidak baik. Oleh karenanya, lebih baik santai dalam menjalani hidup. Orang lain punya barang-barang atau kesuksesan melebihimu, tidak perlu khawatir, uring-uringan.

Biarkan saja, anggap itu adalah rezekinya. Jadi, buanglah rasa iri, dengki, dan serakah. Jangan sampai menguasai dirimu, sehingga hidupmu penuh dengan ketidakbahagiaan. 

4. Selalu Berpikir Positif
Kondisi fisik dan mental setiap orang memang berasal dari kesehatan pikiran dan sugesti diri. Jika senantiasa untuk berpikir positif, maka akan timbul rasa tentram dan nyaman. Tidak ada beban pikiran. Bahagia dapat tercipta dan akhirnya mampu mencegah stres.

Lain halnya kalau kamu selalu berpikir negatif. Apapun yang ingin kamu lakukan, sudah takut dan khawatir lebih dulu. Ini tentu sangat tidak baik bagi kesehatan mentalmu.

5. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri
Menikmati waktu secara penuh untuk diri sendiri bukankah terdengar menyenangkan? Tak ada salahnya untuk melakukannya. Jalani satu hari penuh untuk memanjakan diri sendiri.

Tak melulu harus pergi ke mal atau ke tempat lain untuk menghabiskan uang. Nikmati saja waktu luangmu di rumah, contohnya merawat tubuh atau meditasi agar pikiran lebih rileks dan tenang.

Selalu Bersyukur Jadi Kunci Hidup Bahagia
Dengan banyak bersyukur atas pemberian Tuhan dalam bentuk apapun, seperti nikmat iman, nikmat sehat, rezeki berupa materi, keluarga yang harmonis dapat memunculkan rasa nyaman dan bahagia.

Ikhlas terhadap apa yang sudah terjadi di masa lalu, menerima kekurangan diri sendiri, memaafkan orang lain yang berbuah zalim kepadamu akan membuat hidupmu penuh arti, bahagia, dan terhindar dari stres. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Cermati.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus