Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Ini Alasan KPU Tolak Paslon Syamsurizal-Zaini Ismail

Kamis, 11 Januari 2018

KPU tolak pendaftaran pasangan Syamsurizal-Zaini. (Foto:Ilustrasi)

PEKANBARU-Dari lima pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang mendaftar ke KPU Riau, hanya empat pasangan saja yang memenuhi syarat. Satu pasangan lainnya, Syamsurizal-Zaibi Ismail ditolak karena tak memenuhi syarat.

Penolakan dilakukan karena paslon ini tidak tidak didaftar parpol atau gabungan parpol pengusung. Sesuai dengan PKPU Nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan, yang mendaftarkan itu adalah partai politik atau gabungan partai politik pengusung, bukan pasangan calon. Inilah yang menjadi alasan KPU Riau menolak pendaftaran paslon Syamsurizal-Zaini Ismail.

"Pendaftaran Syamsurizal-Zaini Ismail tidak memenuhi syarat tersebut. Makanya, kita putuskan tidak menerimanya," ungkap Ketua KPU Riau, Nurhamin kepada wartawan, kemarin.

Kendati demikian, KPU Riau tidak serta merta langsung menolak pendaftaran paslon Syamsurizal-Zaini Ismail. Pasalnya, kedatangan mereka masih dalam waktu pendaftaran jelang penutupan sekitar pukul 23.30 wib. Pendaftaran ditutup, Rabu malam pukul 00.00 Wib.

Kendati begitu, kedatangan Syamsurizal-Zaini Ismail diterima dan mendapatkan pelayanan sebagaimana mestinya. Hanya saja pendaftaran mereka tidak bisa diterima KPU. Dengan demikian, hanya empat paslon Gubri yang akan bertarung dalam Pilgubri, Juni mendatang. (muhammad yasir)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus