Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Ini yang Akan Terjadi pada Hati dan Otak Anda Bila Minum Air Kunyit

Senin, 06 Mei 2019

Ilustrasi air kunyit. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Kunyit merupakan salah satu bumbu paling populer yang biasanya ditambahkan ke dalam masakan. Keberadaannya semakin populer di seluruh dunia, karena manfaatnya yang mampu meningkatkan kesehatan.

Namun hanya sedikit yang tahu kalau konsumsi hariannya dapat meningkatkan kesehatan organ hati dan otak. Bumbu satu ini sudah biasa digunakan untuk mengobati penyakit hati selama berabad-abad. 

Para ahli juga telah memeriksa efek kunyit untuk perlindungan organ hati, dua puluh tahun yang lalu. Apa yang mereka temukan adalah bahwa kunyit sangat membantu karena memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat.

Kunyit mampu mengurangi kerusakan hati karena sirosis (jaringan parut hati), overdosis besi, etanol, tingkat toksisitas tinggi dan penyakit hati (seperti kolestasis). Bahan aktifnya curcumin, mampu menurunkan risiko kanker hati, karena mengurangi efek karsinogen manusia (seperti thioacetamide) pada hati. 

Kesehatan otak
Studi terbaru menemukan, kunyit dapat meningkatkan fungsi otak. Para peneliti telah menemukan bahwa curcumin dapat menghambat penumpukan plak beta amiloid, yang merupakan salah satu penyebab utama Alzheimer sebesar 40 persen.

Selain itu, sifat anti-inflamasi dalam kunyit dapat sangat membantu dalam kasus Alzheimer, karena dapat mengurangi kerusakan akibat peradangan dan agen pengoksidasi. Penelitian lain juga telah mengonfirmasi, bumbu ajaib ini juga membantu dalam pengobatan depresi. 

Berikut resep membuat air kunyit.
Bahan:
1/4 sendok teh kunyit
1-2 gelas air

Rebus air, kemudian tambahkan kunyit dan rebus selama 10 menit. 
Angkat dan diamkan hingga dingin, kemudian Anda bisa langsung meminumnya. (*)




 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Healthy Holistic Living


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus