Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Inilah 6 Kebaikan yang Bisa Diperoleh Bila Rutin Minum Air Hangat

Minggu, 15 April 2018

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Kebanyakan orang lebih memilih minum air dingin, ketimbang air hangat untuk meredakan dahaganya. Tetapi tahukah anda, kalau air hangat ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Lantas apa saja manfaatnya? 

1. Meredakan hidung tersumbat Air hangat akan menghasilkan uap panas yang ternyata baik untuk hidung yang sedang tersumbat. Menghirup uap ini sambil pelan-pelan meminumnya dapat membantu melonggarkan sumbatan lendir yang berkumpul di rongga hidung dan meredakan sakit kepala. 

Manusia memiliki selaput lendir di seluruh leher dan tubuh bagian atas, meminum air hangat dapat membantu menghangatkan area tersebut dan meredakan sakit tenggorokan yang disebabkan oleh adanya penumpukan lendir. Dokter dari New York, Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, MS mengatakan bahwa manfaat minum air hangat cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat dibandingkan air dingin, sebab suhu yang tinggi akan mempercepat laju pengeluaran lendir. 

2. Membantu kerja sistem pencernaan Pada dasarnya air bagaikan pelumas untuk sistem pencernaan. Air akan melegakan dan memperlancar masuknya makanan hingga menjadi kotoran (feses). Ketika air bergerak melalui perut dan usus, organ pencernaan lebih terhidrasi dan mampu menghilangkan sisa dalam tubuh yang sudah terpakai secara lebih optimal. Apalagi, air hangat akan menimbulkan dengan efek vasodilator, yaitu memperlebar pembuluh darah, sehingga membuat aliran darah bergegas menuju usus dan membantu proses pencernaan semakin lancar. 

3. Bantu atasi nyeri Dilansir dalam laman Medical News Today, manfaat minum air hangat lainnya adalah dapat memperlancar aliran darah karena air ini bersifat vasodilatator . Meminum air hangat akan membantu meningkatkan aliran darah ke jaringan di dalam tubuh, termasuk ke jaringan otot. 

Dengan begitu, otot-otot yang kaku dapat dikendurkan karena aliran darahnya sudah semakin lancar. Menurut Luiza Petre, MD, seorang dokter ahli di bidang kardiologi (jantung) mengatakan, dengan efek itu, air hangat dapat membantu mengurangi rasa nyeri di otot, nyeri di sendi, sampai rasa nyeri keram perut saat menstruasi. Bahkan minum air hangat sebelum tidur juga akan membuat kita tertidur lebih cepat dan waktu istirahat menjadi lebih lama. Sebab, meminum air hangat sebelum tidur memiliki efek menenangkan sehingga kita akan tertidur lebih cepat. 

4. Membantu meningkatkan laju metabolisme tubuh Ada beberapa orang yang mengatakan bahwa manfaat minum air hangat dapat menurunkan berat badan, tetapi apakah ini benar? Nah, menurut Cara Walsh, RD seorang ahli gizi, minum air hangat tidak akan langsung membuat berat badan turun. Namun dengan minum air hangat, laju pencernaan dan metabolisme tubuh jadi lebih cepat dan lancar. 

Dengan meningkatnya laju metabolisme tubuh, maka tubuh akan lebih banyak membutuhkan kalori, sehingga kalori dalam tubuh jadi lebih cepat dibakar. Namun, peningkatan kecepatan pembakaran kalori ini belum diketahui apakah sampai bisa menurunkan berat badan atau tidak. Meskipun begitu, Walsh merekomendasikan memulai pagi hari dengan meminum air hangat untuk melancarkan metabolisme. 

Peningkatan laju metabolisme dapat membantu kerja saluran pencernaan dan ginjal lebih efisien. Bukan hanya itu, Walsh mengatakan bahwa ketika air hangat masuk ke dalam tubuh, sensor saraf di mulut, kerongkongan, dan lambung menstimulasi bagian pusat kesenangan di otak menjadi lebih aktif. Itu mengapa, air panas bisa dijadikan minuman pilihan saat sedang melakukan penurunan berat badan. Baca juga : Banyak Minum Air Putih Bisa Turunkan Berat Badan? 

5. Membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh Air hangat juga memiliki peran untuk membantu pengeluaran racun di dalam tubuh. Meminum air hangat akan meningkatkan suhu tubuh, yang selanjutnya akan merangsang terjadinya proses berkeringat. Nah proses inilah salah satu cara yang dilakukan tubuh untuk mengeluarkan racun. 

Itu mengapa air panas disebut-sebut sebagai minuman yang bisa membantu proses detoksifikasi. Selain tubuh mengeluarkan racun dari berkeringat, ini juga membantu tubuh agar dapat membersihkan pori-pori. 

6. Membantu mengatasi akalasia Manfaat minum air hangat lainnya adalah untuk orang dengan akalasia. Akalasia adalah kondisi di mana kerongkongan mengalami kesulitan mendorong makanan ke lambung. Orang-orang dengan akalasia biasanya mengalami kesulitan menelan dan kadang-kadang merasa seperti ada makanan yang terjebak di kerongkongan. 

Para peneliti belum bisa membuktikan ini secara ilmiah, tetapi air hangat diyakini dapat membantu orang dengan akalasia untuk mencerna makanan dengan lebih nyaman. Terlebih lagi saat makan makanan berminyak dan makan daging yang berserat atau sulit dicerna, air panas sangat membantu perjalanan makanan di kerongkongan. (*)



Sumber : Hellosehat
Editor : Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus