Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Inilah Manfaat Air Kelapa Untuk Berbuka Puasa

Rabu, 16 Juli 2014


JAKARTA-Saat berpuasa merasa lemas merupakan sesuatu yang wajar, karena selama kurang lebih 14 jam tubuh dalam kondisi kekurangan cairan. Rasa lemas juga diakibatkan kadar gula darah yang dibutuhkan tubuh untuk sumber energi menjadi berkurang.

Selain itu, walaupun beraktivitas dalam ruangan ber-AC, tubuh tetap kehilangan 1-2 persen cairan, baik melalui urine, metabolisme tubuh maupun proses pencernaan. "Berkurangnya kadar gula darah dan cairan menyebabkan pusing dan kondisi yang tidak nyaman. Biasanya  terjadi pada pukul tiga sore," ujar dr. Fiastuti Witjaksono, MS, SpGK, dokter spesialis gizi klinik yang ditemui di acara Buavita Mixology Class di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa lalu.

Fiastuti menjelaskan, mengapa orang yang berpuasa dianjurkan berbuka dengan mengonsumsi buah-buahan yang manis dan menyegarkan. Ini agar energi yang hilang dapat digantikan dengan cepat. Menurutnya, salah satu yang paling menyegarkan dan mengandung banyak nutrisi adalah air kelapa. "Menurut perhitungan zat gizi dari Unitef States Department of Agriculture (USDA), dalam 100 miligram air kelapa terkandung kadar air sebesar 94,99 persen yang terbukti secara klinis mampu mengembalikan kesegaran dan kebugaran tubuh setelah kehilangan cairan," ucapnya.

Dikatakan, air kelapa merupakan salah satu minuman alami kaya manfaat dan bernutrisi tinggi sehingga mengonsumsinya saat berbuka puasa mampu menjaga vitalitas tubuh selama berpuasa.

Selain itu, air kelapa juga mengandung banyak vitamin C dan B3 yang merupakan jenis vitamin yang paling dibutuhkan tubuh. "Tak hanya saat berbuka, mengonsumsi air kelapa saat sahur juga mampu memberikan kecukupan nutrisi pada tubuh selama berpuasa seharian," kata Fiastuti. Itu karena air kelapa mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan memperbaiki masalah pencernaan. Air yang diambil dari buah kelapa ini juga membantu mencegah terjadinya refluks asam. (vci)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus