Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Inilah Tips Kasatlantas Polres Siak Agar Aman dan Nyaman Berkendara Saat Mudik!

Senin, 19 Juni 2017

Kasat Lantas Polres Siak AKP Anindhita Rizal. (Foto:Adi Fadhilahi Akbar/FokusRiau.Com)

SIAK-Aktivitas mudik lebaran mulai meningkat di sejumlah wilayah Riau, termasuk Kabupaten Siak. Kebanyakan pemudik melakukan aktivitas nya dengan mengendarai sepeda motor dan mengangkut penumpang melebihi kapasitas. Hal ini jelas berpotensi terjadinya kecelakaan. 

Lantas bagaimana cara mudik yang aman dan nyaman?
Kasatlantas Polres Siak AKP. Anindhita Rizal memberikan beberapa pesan dan tips agar bisa menjaga keselamatan saat melaksanakan mudik Idul Fitri 1438 Hijriah.

"Bagi masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran, tentu harus mempersiapkan berbagai hal. Untuk itu, menerut hemat saya, pemudik yang akan berktifitas sebaiknya perlu memperhatikan beberapa hal, di antaranya kondisi rumah sebelum ditinggalkan," ujarnya. 

Dikatakan, banyak kejadian saat pemudik sedang melakukan perjalanan atau sampai di kampung halamannya ternyata rumah yang ditinggalkan terkena musibah kebakaran. Ini penyebabnya adalah kompor atau konsleting listrik. "Jadi bila akan bepergian, pastikan kompor dan listrik sudah dalam kondisi aman," ujarnya.

Kemudian bila ada kendaraan yang ditinggal saat mudik, sebaiknya titipkan kendaraan tersebut kepada kepolisian terdekat. "Sebab polisi tidak akan mengenakan biaya untuk penitipan kendaraan tersebut," ujarnya.

Kemudian bagaimana tips mudik yang aman?
Persiapan mudik:
1. Pastikan rumah dalam keadaan terkunci dengan baik.
2. Titipkan rumah kepada RT, RW, tetangga, Bhabinkamtibmas atau kerabat dekat yang tidak mudik.
3. Matikan semua peralatan listrik yang rentan sebagai pemicu konsleting.
4. Amankan barang barang berharga seperti emas, uang atau dokumen penting ketempat penitipan resmi atau kerabat yang dipercaya.

Saat perjalanan mudik:
1. Pastikan kondisi kendaraan Anda dalam keadaan siap pakai dengan mengecek keadaan mesin, tekanan udara ban, air radiator, minyak rem, serta komponen penting lainnya seperti rem, spion dan lampu kendaraan, sebaiknya lakukan service dahulu sebelum perjalanan mudik.
2. Lengkapi surat-surat kendaraan (STNK) atau kelengkapan diri (SIM dan KTP) saat bepergian.
3. Bawa kelengkapan alat bantu kendaraan seperti dongkrak, ban serap, kotak P3K, senter, dan cadangan minyak rem atau oli mesin bila masa pakai kendaraan sudah cukup lama.
4. Siapkan fisik dan stamina, jika lelah atau mengantuk agar beristirahat pada tempat yang aman seperti Pos Pam Lebaran, SPBU, atau Rest Area.
5. Taati peraturan lalu-lintas dan jangan kebut-kebutan di jalan.
6. Gunakan sabuk keselamatan atau helm standard bagi pengendara motor.
7. Pakailah Jaket dan bawa jas hujan jika menggunakan sepeda motor.
8. Pedomani batas kecepatan yang dianjurkan dan jaga jarak iring kendaraan.
9. Tata barang bawaan dan jangan membawa barang yang berlebihan yang akan menambah beban kendaraan maupun mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Saat Pulang mudik:
"Lakukan hal yang sama seperti saat akan berangkat mudik. Semoga tips mudik ini bisa bermafaat dan anda bisa selamat menjalankan aktivitasnya. Semoga selamat sampai tujuan," tukasnya. (adi fadhilahi akbar)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus