Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Ironis PPDB di Inhu, Saat Kecamatan Rengat Barat Over Kapasitas, Kecamatan Lain Malah Kurang

Kamis, 11 Juli 2019

Ilustrasi. (Foto:Republika)

INDRAGIRI HULU-Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2019 di sejumlah sekolah dasar dan sekolah menengah pertama membludak bahkan over kapasitas. Ini terjadi di Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau. 

"Ironisnya, ketika PPDB membludak di Kecamatan Barat, sejumlah sekolah di Kecamatan Rengat malah kekurangan murid baru," kata Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Inhu Kamaruzzaman melalui Kepala Bidang Pendidikan Dasar H. Armen kepada FokusRiau.Com, Kamis (11/7/2019).

Dikatakan, menludaknya pendaftaran peserta didik baru di sejumlah sekolah di Rengat Barat akibat tingginya pertumbuhan masyarakat di sana. Solusinya, pemerintah perlu menambah jumlah sekolah, baik SD ataupun SMP di Rengat Barat.

Selama PPDB, menurut Armen, Disdikbud Inhu sudah turun ke sekolah yang mengalami masalah akibat over kapasitas. Solusinya, dilakukan penambahan lokal untuk menampung semua peserta didik.

Kemudian, setiap sekolah dasar sudah disurati agar setiap orang tua murid wajib membawa kartu keluarga asli dan akte lahir anak. Karena setiap murid yang diterima harus berumur 6 tahun terhitung 1 Juli. 

Peserta didik baru berumur di bawah 6 tahun, tidak akan diterima. "Bila ada yang melakukan perubahan KK dan akte lahir untuk PPDB, maka yang bertanggung jawab bukan pihak sekolah. Melainkan Disdukcapil," katanya.

Ditambahkan, untuk PPDB dengan sistim zonasi tidak dilaksanakan diseluruh sekolah. "Hanya 11 sekolah di Inhu yang melaksanakan dengan berbagai pertimbangan," tukasnya. (*)





Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler


     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus