Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Jaga Stabilitas Harga Daging Sapi dan Tekan Inflasi, Bupati Syamsuar Kerjasama dengan BI

Selasa, 08 Agustus 2017

Bupati Syamsuar melihat kondisi sapi bantuan BI. (Foto:Humas/FokusRiau.Com)

SIAK-Untuk menekan laju inflasi penjualan pangan, terutama harga daging sapi dan kebutuhan pokok lainnya di Riau, Bupati Syamsuar menandatangani MoU kerjasama dengan Bank Indonesia di Desa Berumbung Baru, Kecamatan Dayun, Siak, Senin kemarin. 

Selain penandatangan MoU, dilakukan juga penyerahan bantuan mesin Chopper, launcing pupuk organic, pakan ternak dan panen pedet pembibitan sapi Brahman Cross. Menurut Syamsuar, salah satu tugas pemerintah daerah dan Bank Indonesia adalah mengendalikan inflasi harga barang di daerah. 

Karena itu, kerjasama dengan Bank Indonesia yang dituangkan dalam MoU diharapkan dapat meningkatkan produksi sapi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Siak serta bersama-sama menjaga stabilitas harga daging sapi.
 
Syamsuar menegaskan, Dinas Perternakan dan Perikanan bersama penyuluh lapangan agar berupaya menekan angka kematian sapi ternak di Siak. “Meskipun banyak bantuan sapi ke daerah kita, namun kita harus bisa mengendalikan angka kematian ternak sapi,” tuturnya.
 
Dikatakan, laporan yang diterima beberapa lalu mencatat, hampir 100 lebih sapi mati di Kecamatan dayun. "Inikan menjadi persoalan. Masa bertahun-tahun memelihara, kita tak tahu penyakit penyebap matinya sapi tersebut. Kalau bisa kita kumpulkan para pakar untuk mencari apa penyebab sapi tersebut mati. Saat ini, populasi sapi di Siak mencapai 22.133 ekor dan tersebar di 14 kecamatan," urainya.
 
Sementara itu, Deputi Direktur BI perwakilan Riau Ridwan Mulawarman mengungkapkan, sapi Brahman Cross dipilih karena jenis sapi ini ungulan dan memiliki banyak turunan. Sapi Australia ini merupakan jenis sapi yang tumbuh dari perkawinan silang.
 
Dijelaskan, bantuan ini tidak selesai sampai disini saja. BI akan selalu hadir dan berkomitmen melakukan berbagai upaya dalam meningkatkan kesejateraan masyarakat Riau dan selalu berusaha menjaga stabilitas harga pangan di daerah. (adi fadhilahi akbar)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus