Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Jalan Lintas Bono, Pemerintah Pusat Janji akan Sokong Dana

Selasa, 22 Januari 2013


PANGKALAN KERINCI- Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan, pemerintah pusat berjanji akan membantu mengalokasikan dana melalui Kementerian Pekerjaan Umum untuk menyelesaikan pembangunan jalan lintas Bono di Kecamatan Teluk Meranti. Karena itu, saat ini Pemkab Pelalawan telah mengajukan anggaran dana untuk pembangunan jalan lintas tersebut kepada Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta. Kalau dana tersebut disetujui, maka pembangunan jalan lintas menuju objek wisata andalan Pelalawan ini akan segera terealisasi.

Jalan lintas Bono akan menjadi jalan lintas nasional, karena sudah ada dua proyek nasional yang akan dibangun di Kecamatan Teluk Meranti ini, yakni objek wisata Bono dan pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK)  di Desa Sokoi, Kecamatan Kuala Kampar. Untuk menuju lokasi pembangunan dua mega proyek itu, tentu akan melintasi ruas jalan lintas Bono. "Makanya, untuk kelancaran transportasi menuju dua lokasi itu, pemerintah sudah menjanjikan untuk  membantu pembangunan jalan lintas tersebut,” kata HM Harris kepada FokusRiau.Com di Pangkalan Kerinci, kemarin.

Namun demikian, HM Harris tidak menyebutkan kapan realisasi bantuan tersebut akan terlaksana. ”Untuk menindak lanjuti janji pemerintah itu, kita sudah mengajukan proposal kebutuhan dana untuk pembangunan jalan lintas Bono tersebut. Mengenai kapan akan direalisasikan, kita belum tahu pasti,” tukasnya.

Ditempat terpisah, Kepala Bappeda Pelalawan, Masyahrul Syarif  membenarkan kalau pemerintah pusat pernah menjanjikan kepada bupati akan membantu mengalokasikan dana untuk pembangunan jalan lintas Bono. ”Bupati saat bertemu dengan Wamen PU dan saya mendengarkan langsung kalau Wamen PU menjanjikan akan membantu pembangunan jalan lintas tersebut. "Jadi karena janji itulah, kita sudah buat dan sudah ajukan proposal dana yang akan dibutuhkan untuk pembangunan jalan lintas Bono kepada Dirjend PU Pusat di Jakarta," katanya.

Dikatakan, jumlah dana secara keseluruhan  yang diajukan Pemkab Pelalawan kepada Dirjend PU untuk penuntasan pembangunan ruas jalan lintas Bono mulai dari Jalan Simpang Bunut di Pangkalan Kuras-Teluk Meranti sampai ke Desa Sokoi, Kecamatan Kuala Kampar menelan anggaran Rp470 miliiar dengan panjang keseluruhan mencapai 170 km.

”Dengan diajukannya proposal dana pembangunan jalan lintas Bono itu, Dirjen PU Pusat sudah berencana untuk meninjau langsung kondisi ruas jalan lintas Bono,” ujarnya. (eri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus