Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Berita Islami

Jamaah Calon Haji Meranti Tahun Ini Lewat Embarkasi Antara di Pekanbaru

Kamis, 16 Mei 2019


MERANTI-Jamaah Calon Haji (JCH) Kepulauan Meranti, Riau yang akan berangkat ke tanah suci, tahun ini sudah bisa melewati embarkasi antara di Pekanbaru. Dari Pekanbaru menuju Batam akan menggunakan pesawat carteran untuk kemudian diberangkatkan menuju Madinah.

Demikian disampaikan Kabag Kesra Setdakab Kepulauan Meranti Husni Gamal dalam keterangan tertulisnya kepada FokusRiau.Com, sore tadi. Katanya, JCH asal Kepulauan Meranti tak lagi di karantina di asrama haji Batam, Kepulauan Riau. Tahun ini bisa lewat Embarkasi antara di Pekanbaru

Di Pekanbaru, JCH akan dikarantina dan melengkapi administrasi lainnya. Setelah semuanya selesai dilaksanakan, JCH akan diberangkatkan ke Batam, menggunakan pesawat carteran. JCH akan pindah pesawat airbus untuk selanjutnya berangkat menuju Jeddah.

"Kita (Pemda Meranti) mengantar jamaah sampai ke asrama haji Pekanbaru. Dari Pekanbaru ke Batam, tanggungjawab Embarkasi antara Pekanbaru," kata Husni Gamal.

Hanya saja, menurut Husni Gamal, saat ini belum ada dibahas secara detil teknis keberangkatan JCH. Apakah menggunakan speedboat dari Selatpanjang tujuan Tanjungbuton Siak lalu ke Pekanbru atau Selatpanjang langsung ke Peka baru menggunakan KM Jelatik. "Teknis keberangkatan belum dirapatkan. InsyaAllah ada rapat khusus membahas hal tersebut," katanya.

Sebelumnya, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kemenag Kepulauan Meranti, H Hasbullah SAg mengatakan, hingga pertengahan Mei 2019, sudah ada 95 JCH yang melakukan pelunasan. Tahap pertama, 19 Maret - 15 April 2019 sebanyak 77 orang dan 30 April sampai 10 Mei 2019 sebanyak 18 orang.

"Jadwal pelunasan tahap ketig masih menunggu informasi dari pusat. Kan ada penambahan kuota 10.000, Riau kebagian 298 dan kita belum tahu untuk Meranti berapa orang," aku Hasbullah.

Disampaikan Hasbullah juga, sebanyak 77 orang JCH yang telah melunasi pada tahap pertama, telah menjalani pemeriksaan kesehatan serta rekam biometrik. Rekam biometrik ini untuk kepentingan penerbitan visa. "Kalau yang 18 orang lainnya, masih ada tahapan yang belum dilalui," katanya.

Kata Hasbullah, tahun ini JCH Meranti tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 6. Mereka akan berangkat ke Madinah tanggal 6 Juli 2019.

Untuk JCH Kepulauan Meranti tahun 2019, jamaah tertua atas nama Surati binti Umar Abdullah usia 83 tahun, sedangkan jamaah termuda bernnama Endang Winarsih binti Suparto berusia 32 tahun. (*/str)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus