Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Membangun Desa

Jambu Kristal di Desa Simalinyang Kampar, Upaya Menghadirkan Produk Unggulan

Minggu, 11 Desember 2016

Warga mendapat bantuan bibit jambu air di Desa Simalinyang. (Foto:Istimewa)

KAMPAR-Upaya menggulirkan program yang langsung bersentuhan dengan peningkatan taraf hidup masyarakat, terus digulirkan Community Development PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP). Perusahaan Sukanto Tanoto tersebut terlihat fokus dalam menyukseskan misi ‘maju bersama masyarakat’. Meski terkadang jauh dari publisitas namun ragam program dinilai tepat guna seiring bantuan yang disusul dengan pembinaan, pelatihan sampai di fase marketing produk. 

Langkah terbaru institusi ini misalnya dengan memberikan ratusan bibit jambu air kristal untuk anggota Kelompok Tani Maju Bersama di Desa Simalinyang, Kecamatan Kampar Kiri Tengah, Kabupaten Kampar.

Bantuan bibit jambu kristal diserahkan langsung CD koordinator, Zamzuli Hidayat dan CD Officer Estate Teso, M Daim ini menandai serangkaian upaya mengatrol tingkat perekonomian warga --sekaligus menarik mimpi ke garis realitas atas obsesi menghadirkan ‘one village one product’.  Sebagai catatan, perusahaan yang berhubungan dengan Tanoto Foundation ini telah melakukan upaya serupa dengan menggulirkan program yang sama di daerah lain.

Desa Lalang Kabung, Kecamatan Pelalawan, Kabupaten Pelalawan misalnya, beroleh bantuan bibit sampai pembinaan cara bercocok tanam jambu air jenis madu. Program pembiakan jambu kristal juga sudah diterapkan untuk warga Desa di Kerinci Barat di kabupaten yang sama. 

Zamzuli menyampaikan, petani akan dibina sampai berhasil sehingga hadir semacam percontohan yang akan diikuti. Contoh langsung sangat penting untuk memotivasi. Semakin banyak yang tertarik maka upaya menghadirkan ‘satu desa–satu produk unggulan’ akan semakin dekat.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Simalinyang, Zamri mengucapkan terima kasih atas bantuan dari PT RAPP yang turut andil dalam menyejahterakan masyarakat khususnya Desa Simalinyang. Bantuan ini menjadi solusi untuk terus mengembangkan potensi usaha masyarakat dan Kelompok Tani Maju. Ia menyatakan program tersebut dirasa sangat bermanfaat karena langsung berhubungan dengan petani. 

Ketua Kelompok Tani Maju, Nazarudin yang turut hadir bersama 16 anggotanya, ia mengatakan bahwa pemberian bibit jambu Kristal akan dibudidayakan secara maksimal mengingat jenis tanaman ini belum pernah dikembangkan di Desa Simalinyang. 

“Kami akan belajar cara merawat dan mengembangkan jambu Kristal untuk kedepannya dapat dikelola dan dipraktekkan oleh masyarakat desa sebagai upaya menambah pendapatan,” ujarnya saat menerima bibit jambu. 

Program yang langsung mengakses warga itu, bentuknya bervariasi sesuai dengan potensi dan animo publik. Sebelumnya para petani yang sedang menghadapi fase replanting atau peremajaan kelapa sawit, mendapatkan bantuan bibit sampai teknik budidaya lele. Pola yang diterapkan di Desa Silikuan Hulu, Pelalawan ini dianggap salah satu langkah jitu dalam melapis pendapatan warga yang diperkirakan akan terganggu seiring fase peremajaan kelapa sawit. 

Di Estate Pulau Padang, Meranti, Buatan, Fotong Port, Langgam, Baserah dan Cerenti misalnya, perusahaan menghadirkan program Pelatihan Menjahit sampai up-date keterampilan montir sepeda motor kepada tekhnisi. Para teknisi itu sebelumnya sudah mendapat pelatihan dasar dan beroleh pekerjaan. Pelatihan lanjutan amat mendesak, seiring dengan perkembangan teknologi sepeda motor.

Masih di Pulau Padang, sebelumnya juga dilancarkan Program Pohon Kehidupan untuk meningkatkan pendapatan warga. Selain sektor pertanian, perikanan, perkebunan dan keterampilan, Tanoto Foundation juga berkosentrasi dalam memberikan beasiswa guna mendukung dunia pendidikan. Wajar jika aneka program tersebut beroleh apresiasi seperti Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang menyatakan institusi tersebut sebagai yang terbaik dalam merealisasikan community development. (ks) 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus