Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Jangan Ada Pungutan Saat Pendaftaran Peserta Didik Baru di Inhu Riau

Jumat, 28 Juni 2019

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

INDRAGIRI HULU-Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) di Kabupaten Inhu, Riau mulai dilaksanakan tanggal 3-5 Juli mendatang. Untuk menghindari adanya pungutan liar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) setempat sudah mengeluarkan larangan kepada seluruh sekolah negeri.

Plt Kepala Disdikbud Inhu Kamaruzaman didampingi Kepala Bidang Penddikan Dasar H. Armen kepada FokusRiau.Com, Jumat (28/6/2019) mengatakan, untuk proses pendaftaran peserta didik SD dan SMP Negeri sudah disampaikan melalui surat resmi kepada seluruh sekolah, minggu lalu.

Salah satu poin penting dalam surat itu, pendaftaran peserta didik tidak diperbolehkan memungut biaya. Bila ada yang melanggar dengan modus apapun, seperti uang kursi, meja dan uang pembangunan, akan diberikan teguran keras.  

Sedangkan untuk pungutan biaya pakaian bagi peserta didik, menurut Kamaruzaman, semua diserahkan kepada masing-masing sekolah dan komite sekolah. Untuk penerimaan peserta didik akan tetap menggunakan sistem zonasi dan penerimaan akan diprioritaskan kepada peserta didik yang berada dalam zona tersebut.

Sedangkan untuk proses pendaftaran peserta didik SMA Negeri bukan merupakan kewewenangan Disdikbud Inhu, karena itu merupakan kewenangan Dinas Pendidikan Provinsi Rìau.

"Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Inhu akan tetap mengawasi dan melakukan pemantauan tahapan proses penerimaan siswa baru,” katanya. (*)





Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta  


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus