Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Januari lalu, 2.523 Orang Belum Punya Pekerjaan Tetap

Kamis, 14 Februari 2013


PEKANBARU-Sampai akhir Januari lalu, Dinas Tenaga Kerja Kota Pekanbaru mencatat sekitar 12.523 orang belum memiliki pekerjaan tetap. Jumlah tersebut, bila dibanding November 2012 mengalami pengurangan cukup signifikan. Karena pada November tercatat jumlah orang yang belum bekerja mencapai 20.000 orang.

Demikian disampaikan Kepala Bidang Pembinaan, Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Dinas Tenaga Kerja Pekanbaru, Alma Idrus, Rabu (13/2). Soal latar belakang pendidikan pencari kerja tersebut, menurut Alma, bervariasi. Namun, kebanyakan merupakan lulusan sarjana dan SLTA.

"Tahun 2012 lalu sekitar 60 persen pencari kerja sudah terserap di beberapa perusahaan swasta yang tidak hanya tersebar di Pekanbaru, namun di luar daerah Pekanbaru. Salah satunya melalui job expo dan bursa kerja online yang dimiliki Disnaker Kota Pekanbaru," papar Alma.

Untuk tahun 2013, Disnaker Pekanbaru menargetkan lebih banyak lagi pencari kerja yang bisa terserap melalui dunia usaha yang ada. Karena itu, Disnaker akan menitikberatkan pada berbagai kegiatan pelatihan dengan sasaran pencari kerja bisa memiliki usaha sendiri dan tidak terpaku untuk bekerja pada perusahaan saja. "Di samping itu, Disnaker masih tetap akan jemput bola ke perusahaan mengenai lowongan yang tersedia di perusahaan bersangkutan," kata Alma.

Tahun ini, ada 11 pelatihan yang akan digelar Disnaker Kota Pekanbaru untuk pencari kerja. "Mulai dari tata boga, keterampilan kecantikan, menjahit hingga montir serta padat karya," kata Alma. (btr)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus