Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Jelang HUT RI, Pedagang RTH Pindah ke Samping Pasar Rakyat

Minggu, 12 Agustus 2012


RENGAT-Sejumlah pedagang kaki lima yang biasa berjualan di Ruang Terbuka Hijau atau RTH Kabupaten Indragiri Hulu dipindahkan sementara. Pemindahan dilakukan karena RTH akan digunakan sebagai lokasi upacara menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-67.

Para pedagang ini akan direlokasi ke Jalan Dipanegoro Rengat, tepatnya di sebelah Pasar Rakyat Rengat. Sebelumnya, Jalan Dipanegoro merupakan lokasi tempat penampungan sementara pedagang saat pembangunan Pasar Rakyat Rengat beberapa waktu lalu. 

Para pedagang yang berada di RTH mengaku pemindahan tersebut hal biasa dilakukan, karena memang penggunaan RTH sangat penting. “Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan adalah acara sakral yang memiliki nilai penting bagi negara. Dan demi kelancaran pelaksanaannya harus didukung seluruh lapisan masyarakat, termasuk para pedagang yang berjualan di RTH ini. Kami tidak keberatan untuk dipindahkan sementara,” kata, Amdan, salah seorang pedagang, Minggu (12/8) di Rengat.

Diakui, setiap pemindahan lokasi pedagang tentu akan menambah biaya operasional, karena pedagang akan membangun tempat di lokasi baru tersebut. Namun ini adalah resiko sebagai masyarakat dan hal ini bisa dimaklumi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Inhu, HR Erisman yang merupakan Ketua Panitia Pelaksana Upacara Peringatan 17 Agustus mengatakan, pemindahan pedagang di RTH berhubungan dengan pelaksanaan upacara peringatan HUT RI. 

"Kita ingin pelaksanaan upacara nanti berlangsung hikmat, sehingga segala sesuatunya yang berkaitan dengan kenyamanan upacara harus dipersiapkan secara matang. Dan hal ini membutuhkan dukungan seluruh lapisan masyarakat, termasuk para pedagang di sekitar lokasi Upacara. Pemindahan ini juga bersifat sementara. Setelah itu pedagang silahkan kembali berdagang di lokasi semula," tukasnya. (jef)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus