Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Jelang ISG, Persoalan Stadion Utama Riau Belum Juga Tuntas

Senin, 25 Maret 2013


PEKANBARU-Mendekati limit waktu yang diberikan Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo terkait persiapan Islamic Solidarity Games (ISG) III, sejauh ini sejumlah persoalan menjelang persiapan Riau masih terus menghadang. Salah satunya, persoalan Stadion Utama Riau yang terus menjadi sorotan tajam dan belum juga selesai.

Gubernur Riau, HM Rusli Zainal kepada para wartawan, akhir pekan lalu mengatakan, persoalan Stadion Utama Riau memang sudah dibahas dengan berbagai pihak. Prosesnya sudah dilakukan, namun solusi konkretnya belum juga ditemukan. "Proses penyelesaian Stadion Utama Riau terus berjalan. Kemarin sudah ada rapat dengan LKPP, BPKP, Menpora di Jakarta. Saya berharap ada solusi dan solusi itu tidak boleh menyimpang dalam peraturan yang ada," kata Gubri.

Namun Rusli berharap, kontraktor bisa mengedepankan rasa tanggungjawab nasional serta kepentingan bangsa dalam permasalahan ini. "Kita harapkan kontraktor bisa memahami persoalan tersebut," ujarnya.

Stadion Utama Riau masih dibelit persoalan pembayaran utang sekitar Rp118 miliar kepada kontraktor yang hingga kini belum dibayarkan Pemrov Riau. Pihak kontraktor mengancam tidak akan memberikan izin penggunaan stadion termasuk untuk ISG III bila utang tak kunjung dibayar.

Stadion utama ini sakan sangat vital untuk pelaksanaan ISG. Sebab ditempat inilah pembukaan dan penutupan akan digelar. Selain itu pertandingan final serta babak penyiishan sepakbola di ISG juga digelar di stadion ini.

Dikatakan, sudah ada beberapa langkah-langkah dalam penyelesaian utang ini. Tapi langkah-langkah ini, menurut Gubri sedang berjalan dan dilakukan Dinas Pemuda dan Olahraga Riau. Itu masih stadion utama. Beberapa venue juga mengalami permasalahan sebab perlu renovasi dimana ada beberapa venue membutuhkan dana yang besar. Pengunduran jadwal serta perpindahan lokasi pelaksanaan ISG kerap menyeruak akibat berbagai permasalahan persiapan yang belum matang di Riau.

Direncanakan, Senin (25/3) ini, rapat panitia ISG akan dilakukan. Evaluasi setiap bidang akan dilakukan untuk melihat kesiapan panitia lokal. (trp/den)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus