Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Jelang Pembukaan PON, Riau Dikepung 95 Titik Api

Minggu, 02 September 2012


PEKANBARU-Jumlah titik api di Provinsi Riau jelang pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII Rias meningkat drastis. Sampai awal September ini, tercatat sudah ada 95 titik api. Bila jumlah titik api ini tidak juga berkurang dalam beberapa hari ke depan, dikuatirkan akan mengganggu pelaksanaan PON yang dibuka Presiden Susilo Bambang Yodhoyono tanggal 11 September mendatang.

Analis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Pekanbaru, Yudhistira Mawaddah, Minggu (2/9) menyebutkan, titik api terbanyak untuk wilayah Sumatera terdapat di Sumatera Selatan dengan 157 titik api. 

Sementara, terhitung tanggal 1 September, Riau menduduki posisi kedua dengan 95 titik api. Jumlah tersebut, meningkat drastis dibanding hari sebelumnya yang hanya sembilan titik api. Kemudian untuk wilayah ketiga terbanyak titik api adalah Provinsi Jambi dengan 72 titik api.

Di Provinsi Riau, titik api muncul hampir di semua kabupaten/kota. Titik api terbanyak berada di Kabupaten Pelalawan dengan 21 titik api. Diikuti Indragiri Hulu dengan 19 titik api, Rokan Hilir dan Indragiri Hilir masing-masing 13 titik api. Kemudian di Rokan Hulu dan Kabupaten Kampar, terdapat sembilan titik api, lalu Kuantan Singingi dan Siak masing-masing empat titik api, Kota Dumai dua titik dan Kabupaten Bengkalis satu titik. 

Sementara di Kabupaten Meranti dan Pekanbaru sendiri malah belum terdeteksi titik api. Namun demikian, bila cuaca atau suhu udara terus meninggi, dikuatirkan akan memicu munculnya titik api. Makanya, masyarakat diminta untuk tidak melakukan pembakaran lahan agar tidak memicu munculnya titik api. (tp/den)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus