Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Jelang Pencoblosan Pilkada Serentak, Bawaslu Hapus 90 Akun Penyebar Ujaran Kebencian

Sabtu, 23 Juni 2018

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

JAKARTA-Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia (Bawaslu) Abhan menyebut, pihaknya telah menghapus (take down) lebih dari 90 akun media sosial penyebar ujaran kebencian. Langkah tersebut dilakukan setelah Bawaslu melakukan penelusuran dan pengkajian terhadap puluhan akun yang mengandung ujaran kebencian.

"Akun media sosial ada 90-an yang kita 'take down' karena mengandung ujaran kebencian," ungkap Abhan.

Sebelumnya, Bawaslu telah menyampaikan kepada platform media sosial untuk menghapus akun-akun yang dimaksud. Platform media sosial pun menurutnya kooperatif menanggapi permintaan penghapusan akun-akun tersebut.

Selain menghapus akun, menurut Abhan, Bawaslu bisa menjerat penyebar ujaran kebencian secara pidana menggunakan Undang-Undang Pilkada dan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

Langkah pidana akan ditempuh jika nantinya ada temuan mengenai akun media sosial yang menyebarkan ujaran kebencian. "Nanti kita akan koordinasi dengan Mabes Polri di Unit Cyber Crime," katanya.

Abhan menegaskan, pihaknya telah membuat kesepatakan (Memorandum of Action) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dengan penyelenggara media sosial yang ada di Indonesia. Sejauh ini, Bawaslu telah melakukan kesepakatan dengan sembilan platform media sosial untuk menelusuri dan mengkaji adanya ujaran kebencian. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Antara


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus