Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Jembatan Sekaping Kuansing Ambruk, Juprison: Akses Angkut Pertanian Masyarakat Kini Terganggu

Minggu, 07 Oktober 2018

Jembatan penghubung dua desa kini ambruk. (Foto: Istimewa)

KUANSING-Runtuhnya jembatan kayu sepanjang 200 meter di Dusun II Nuaran, Desa Sukaping, Kecamatan Pangean, Kuansing, Riau telah berdampak terhadap kelancaran transportasi warga.

Apalagi jembatan tersebut menjadi akses utama warga, untuk menjangkau wilayah-wilayah pertanian yang ada di desa. Akibatnya, menurut Tokoh Muda Pangean Juprison SSos, runtuhnya jembatan membuat arus transportasi masyarakat jadi terganggu.

"Jembatan itu terakhir direhab sekitar tahun 2014. Masih di era Pak Sukarmis melalui kegiatan padat karya. Sekarang sudah 2018, jembatan itu runtuh. Tentu ini sangat mengganggu kelancaran transportasi masyarakat. Terutama untuk menjangkau sawah-sawah masyarakat," ujar Juprison, Minggu (7/10/2018).

Setelah itu, jembatan kayu itu diusulkan supaya dibangun permanen kepada Pemkab Kuansing, baik melalui Musrenbang maupun langsung disampaikan ke Pemkab Kuansing dan reses anggota DPRD Kuansing. Namun sejauh ini, ujar  Juprison, jembatan itu tak kunjung dibangun. Meski kondisinya kian memperihatinkan.

"Jembatan itu banyak dilintasi masyarakat dan nyaman dikunjungi sebagai tempat nyantai. Menghilangkan lelah. Tapi akhir-akhir ini, jembatan itu kondisinya makin parah. Padahal Sabtu pagi kemarin, saya masih bisa lewat di jembatan itu. Tahu-tahu sorenya runtuh," tuturnya. 

Sementara Kepala Desa Sukaping Awirman mengakui, jembatan itu sudah diusulkan agar dibangun permanen oleh Pemkab Kuansing. Namun sampai kini belum terealisasi. Kendati demikian, pihaknya akan mengupayakan agar jembatan ini bisa dibangun.

"Berdasarkan hasil musyawarah kami di desa, pembangunan jembatan ini adalah prioritas. Maka, jika tidak ada kendala, pembangunannya akan menggunakan dana desa yang sumbernya dari APBN tahun 2019," ungkap Awirman.

Ia berharap jembatan ini bisa kembali bagus. "Pembangunannya sudah kami masukkan dalam RKPDes Sukaping. Insya Allah, jembatan ini prioritas dibangun tahun depan. Ini prioritas, karena besar manfaatnya bagi masyarakat," kata Awirman yang mengaku sudah mengusulkan pembangunannya ke pemkab namun tak ada kepastian. (*)
 
 
 
 
 
 
Penulis: Jhon Hendri 
Editor: Boy Surya Hamta 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:57:13 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:51 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:50 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus