Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Jika Riau Siap, ISG Bisa Tetap Dilaksanakan di Pekanbaru

Rabu, 08 Mei 2013


JAKARTA-Menko Kesra, Agung Laksono menyatakan, Islamic Solidarity Games III bisa saja tetap dilaksanakan di Riau dan tidak dipindahkan ke Jakarta. Artinya, belum ada keputusan final ISG dipindahkan dari Riau ke Jakarta, karena keputusan lokasi acara ISG akan dibicarakan akhir bulan ini.

"Kesepakatan kita dalam rapat hari ini, minggu depan, tim Kemenpora bersama sejumlah pihak terkait ISG akan berkunjung ke Riau untuk melihat langsung persiapan panitia dan venue yang akan digunakan," papar Agung Laksono usai rapat dengan Menegpora, Roy Suryo, Menteri Komunikasi Informatika, Tifatul Sembering dan Menteri Agama, Surya Dharma Ali di Kantor Menko Kesra, Rabu (8/5).

Tujuan kunjungan tersebut untuk memastikan kondisi terakhir persiapan Riau sebagai tuan rumah ISG sebelum diputuskan akhir bulan nanti. "Intinya, kita tidak membicarakan pindah atau tidaknya ISG sekarang. Hari ini kita hanya membicarakan persiapan Riau sebagai tuan rumah. Nanti hasil kunjungan kita akan menentukan soal lokasi ISG. Kalau Riau memang siap, maka akan dilaksanakan di Riau," ujarnya.

Sementara Menegpora, Roy Suryo menepis anggapan kalau wacana pemindahan datang darinya. Menurut Roy, wacana pemindahan ISG dari Riau ke Jakarta sebenarnya terlontar dari aspirasi masyarakat Riau dan bukan inisiatif dirinya. "Saya bukan orang yang menginginkan pemindahan ISG ke Jakarta. Tapi justru keinginan itu datang dari masyarakat Riau dan Rektor Universitas Islam Riau," ujarnya.

Wacana tersebut tercetus dalam sebuah rapat terbatas antara dirinya dengan Rektor Universitas Islam Riau dan Panitia Pusat ISG. "Hasil rapat itu ada rekamannya sama kita. Kalau sekarang orang yang minta itu tidak mengakuinya, ya silakan saja. Allah-kan maha tahu," papar Roy.

Roy menyebutkan, dirinya pernah berkomunikasi dengan Wakil Gubernur Riau, HR Mambang Mit ketika bertemu di Bandara Ngurah Rai Bali. Dalam pertemuan itu, menurut Roy, Mambang Mit menyampaikan kalau dia tidak menginginkan ISG dilaksanakan di Pekanbaru, karena takut tersandung kasus hukum Gubernur Riau, HM Rusli Zainal.

"Jadi bukan saya yang minta ISG dipindahkan. Tapi wacana pemindahan itu datangnya dari Riau sendiri. Wacana pemindahan itu tidak hanya persoalan teknis, tapi juga non teknis, termasuk soal hukum," tukasnya.

Makanya, sama sekali Roy tidak keberatan dan mendukung sepenuhnya kalau akhirnya ISG tetap dilaksanakan di Riau. "Pekan ini akan ada tinjauan ke Riau. Kalau memang Riau siap, saya tidak keberatan dan kita siap mendukungnya," kata Roy. (sir/bsh)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus