Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Jokowi Resmikan Tiga Jalan Tol Bulan Ini, Termasuk Tol Pekanbaru-Dumai

Sabtu, 11 Januari 2020

Tol Pekanbaru-Dumai segera diresmikan. (Foto:Tribunpekanbaru)

PEKANBARU-Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meresmikan tiga ruas tol yang sudah selesai dibangun tahun ini. Ketiganya Jalan Tol Manado-Bitung, Jalan Tol Pekanbaru-Dumai dan Jalan Tol Palembang-Kayu Agung.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ( PUPR) Basuki Hadimuljono membenarkan rencana peresmian tersebut. Hanya saja, Basuki belum bisa memastikan kapan waktu peresmiannya. "Januari 2020 ini ada tiga tol yang diresmikan," ujar Basuki di Kementerian PUPR, beberapa waktu lalu di Jakarta.

Berikut data tiga ruas tol yang akan diresmikan tersebut:
1. Tol Manado-Bitung
Ruas tol Manado-Bitung (Mabit) dirancang dengan panjang mencapai 39,9 kilometer. Jalan bebas hambatan ini dibangun dalam dua seksi.

Seksi pertama Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi dengan panjang mencapai 14 kilometer. Proyek ini dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

Sedangkan, pembangunan seksi kedua menghubungkan Air Madidi-Bitung dengan panjang 25 kilometer. Untuk pembangunan seksi kedua ini, dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung.

Anggaran untuk pembangunan Tol Mabit ini menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan nilai investasi Rp 6,19 triliun. Dukungan pemerintah untuk pembiayaan konstruksi seksi pertama sebesar Rp 3 triliun, merupakan instrumen untuk meningkatkan kelayakan investasi jalan tol Mabit.

Hadirnya tol pertama di Sulawesi Utara ini diharapkan bisa menjadi pendorong berkembangnya sektor pariwisata kawasan Manado–Bitung–Likupang sebagaimana yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi. Kawasan ini menjadi salah satu dari 5 kawasan pariwisata prioritas yang akan dikembangkan pada tahun 2020.

2. Tol Pekanbaru-Dumai
Jalan tol ini dikerjakan dan dikelola PT Hutama Karya (Persero). Jalan ini membentang sepanjang 131,4 kilometer yang terbagi dalam 6 seksi.

Keenam seksi tersebut yakni Seksi I menghubungkan Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 kilometer, Seksi II Minas-Petapahan/Kandis Selatan sepanjang 24 kilometer, dan Seksi III Petapahan-Kandis Utara sepanjang 17 kilometer.

Selanjutnya untuk pembangunan seksi IV menghubungkan Kandis-Duri Selatan sepanjang 26 kilometer, Seksi V Duri Selatan-Duri Utara sepanjang 28 kilometer. Dan untuk seksi VI menghubungkan Duri Utara-Dumai sepanjang 25 kilometer.

3. Tol Palembang-Kayu Agung -Betung
Ruas tol ini dirancang dengan panjang mencapai 111,69 kilometer. Untuk pembangunannya, tol Palembang-Kayu Agung -Betung menggunakan anggaran mencapai Rp 9,84 triliun.

Pembangunan tol ini terbagi menjadi 3 seksi, untuk seksi I Kayu Agung–Jakabaring sepanjang 33,5 kilometer. Seksi II Jakabaring–Muslindas sepanjang 24,9 kilometer dan Seksi III Muslindas–Betung sepanjang 44,29 kilometer.

Sebelumnya, ruas Tol Kayu Agung-Palembang-Betung Seksi 1 telah dibuka untuk umum pada awal November lalu sepanjang 33,5 kilometer. Adapun panjang keseluruhan kedua seksi tersebut 69,19 kilometer. (*)


 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Kompas.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus