Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Kabar Terbaru Corona di Riau, Tambah Satu Kasus Positif, Total 12 Orang

Senin, 06 April 2020


PEKANBARU-Jumlah kasus positif Covid-19 terus bertambah secara nasional. Untuk Riau, hari ini terjadi penambahan satu pasien positif. Ini terungkap dari update data Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dalam jumpa pers, Senin (6/4/2020) sore.  

Total keseluruhan ada penambahan kasus baru, 218 orang pasien positif corona secara nasional. Sehingga total keseluruhan mencapai 2.491 kasus.   

"Kita dapatkan penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19 dari pemeriksaan menggunakan metode PCR, bukan rapid test," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto.

Dengan tambahan kasus baru tersebut, Gugus Tugas menilai masih terjadi penularan dan adanya kasus positif yang tidak menunjukkan gejala. 

"Sekali lagi, gambaran real dari data yang kita dapatkan masih menunjukkan adanya penularan di luar. Masih ada kasus positif tanpa gejala berada di masyarakat dan masih ada masyarakat yang rentan tertular," urainya.

Achmad Yurianto mengimbau masyarakat untuk bersama-sama memutus mata rantai penularan corona. "Mari patuhi disiplin mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, patuhi dan disiplin pakai masker, patuhi dan disiplin jaga jarak. Apabila disiplin, kita kerjakan sama-sama kita yakin penularan ini bisa kita hentikan," imbaunya. 

Pasien asal Kampar
Khusus untuk pasien ke-12 positif Covid-19 di Riau diketahui berinisial S (42) merupakan warga Kabupaten Kampar. Saat ini, S sudah diisolasi dan dirawat di RS Pekanbaru. Namun riwayat perjalanan S sampai sekarang belum diketahui secara pasti.

“Dengan penambahan kasus positif ini, Dinas Kesehatan Riau langsung melakukan tracing kontak dari S. Dalam melakukan tracing ini, kami bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar dan Polda Riau,” kata juru bicara gugus tugas covid-19, Indra Yovi, Senin (6/4/2020).

Selain penambahan 1 pasien positif di Riau, pasien dalam pemantauan (PDP) juga bertambah satu orang dari semula PDP meninggal 4 orang, kini menjadi 5 PDP meninggal dunia.

“Informasi hari ini di Provinsi Riau terdapat penambahan 1 kasus positif covid-19. Sehingga total terdapat 12 kasus positif (11 dirawat dan 1 sudah dipulangkan). Selanjutnya 163 PDP (87 masih dirawat, 71 negatif covid-19 dan dipulangkan, dan 5 meninggal dunia. Sementara ODP sebanyak 19.663 ODP dan 3.848 ODP selesai pemantauan,” ulasnya. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru/RMID


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus