Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Kabar Terbaru Kasus Corona Indonesia: 2.956 Orang Positif, 222 Sembuh, 240 Meninggal

Rabu, 08 April 2020

Achmad Yurianto. (Foto:Dok.BNPB)

JAKARTA-Jumlah orang terjangkit virus Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Data yang dilansir Rabu (8/4/2020) menyebut, terdapat penambahan 218 kasus baru.  

Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto dalam jumpa pers online melalui akun youtube BNPB mengungkapkan data tersebut. Menurutnya, ada kasus baru pasien positif sebanyak 218 orang, dari yang dilaporkan Selasa (7/4/2020).

Dengan demikian, hingga Rabu ini jumlah kasus positif di Indonesia mencapai 2.956 orang. Kendati demikian, dirinya mengungkapkan 18 pasien Covid-19 berhasil sembuh. Ke-18 pasien ini telah dinyatakan sembuh setelah melalui dua kali tes dan hasilnya semua negative.

Sehingga pasien yang berhasil sembuh di Indonesia total berjumlah 222 orang. Terkait pasien Covid-19 meninggal dunia, sampai hari ini terdapat 19 orang akibat terinfeksi virus ini.

Sehingga angka kematian di Indonesia menjadi 240 orang. Adapun kabar terbaru kasus Covid-19 di Indonesia per 8 April 2020 pukul 12.00 WIB adalah kasus kumulatif positif 2.956, pasien sembuh 222 orang serta kumulatif kematian sebanyak 240 orang.

Gunakan Masker di Luar Rumah
Achmad Yurianto kembali mengimbau masyarakat harus menggunakan masker kain saat ke luar rumah. Anjuran pemerintah ini sesuai dengan rekomendasi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Mulai hari ini, sesuai dengan rekomendasi dari WHO, semua harus memakai masker ketika berkegiatan di luar,” ujar Achmad. 

Dia meminta masyarakat tak menggunakan masker bedah dan N95. Sebab, dua jenis masker tersebut ditujukan untuk petugas medis, yang lebih rentan tertular virus. Orang yang tak mempunyai gejala virus corona juga bisa menjadi sumber penyebaran.

Sehingga untuk upaya pencegahan, masyarakat bisa menggunakan masker kain. “Gunakan masker kain, karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala pun bisa menjadi sumber penyebaran penyakit, ketika kita di luar rumah," katanya.

Menurutnya, masker kain dapat dicuci menggunakan sabun, agar tetap efektif menangkal penyebaran virus. Namun, Achmad mengimbau, masker kain harus dicuci setelah pemakaian empat jam. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus