Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Berita Islami

Kabupaten Inhu Gelar MTQ Serentak di 14 Kecamatan, Selamat: Ayo Amalkan Kandungan Al Quran

Rabu, 11 April 2018

Ir Selamat memberikan sambutan. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Musabaqoh Tilawatil Quran ( MTQ) tingkat kecamatan di Kabupaten Inhu digelar serentak pada 14 kecamatan, Selasa (10/4/2018) malam. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ir Selamat MM mendapat tugas membuka MTQ di Kecamatan Kelayang yang berpusat di lapangan perumahan PTP V Sei Kuning Benio.

Selamat usai pembukaan menyatakan, MTQ di Kecamatan Kelayang bukan ajang untuk pertandingan. Sebab MTQ memiliki nilai dan makna sebagai perekat kebersamaan, sekaligus ajang silaturahmi bagi umat Islam. "Saya yakin dan percaya, kebersamaan ini dilandasi ajaran Islam serta tuntunan al quran dan hadist akan membawa Inhu tetap komdusif dalam bingkai masyarakat yang agamis dan religius," ujarnya.

Selain itu, MTQ bukan tujuan akhir pelaksanaan pembangunan bidang keagamaan. Tapi untuk peningkatakan minat generasi muda dalam membaca al quran dan meningkatkan pengetahuan  masyarakat akan pentingnya al quran sebagai upaya membangun mental dan spiritual.

"Untuk itu, diharapkan masyarakat Kelayang jangan hanya melihat MTQ dari sisi seremonial belaka. Namun lebih dari itu, bisa mengaplikasikan nilai yang terkandung dalam al quran dalam seluruh aspek kehidupan. Al quran bukan hanya sekedar dilantunkan dan dilombakan, tapi harus mampu dipahami dan diamalkan dalam seluruh aspek kehidupan," harapnya.

Di sisi lain, dia berpesan, masyarakat jangan mudah terpancing dengan isu yang sifatnya adu domba maupun SARA. "Masyarakat harus pintar, terutama dengan hal hal yang saat ini lagi diisukan mengandung SARA. Mari kita bangun tatanan kehidupan bermasyarakat yang lebih beradap, termasuk terwujudnya kerukunan antar umat beragama. Jika timbul persoalan, ajak masyarakat untuk menyelesaikannya secara santun, berkeadaban serta menjauhi semua bentuk dan kekerasan," ajaknya. (*)



Penulis : Obrin
Editor : Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus