Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Kades dan BPD Ikut Nyaleg akan Diberhentikan Permanen

Kamis, 23 Mei 2013


PASIR PENGARAYAN-Bagi kepala desa yang sudah mengajukan diri sebagai bakal calon legislatif akan diberhentikan permanen. Sementara surat pengunduran diri mereka, sekarang sudah ditanda tangani Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Rokan Hulu tanggal 22 Mei lalu, tepat pada batas penyerahan berkas daftar caleg sementara ke KPU Rokan Hulu.

Demikian disampaikan Kepala BPMPD Rokan Hulum Bhudia Kasino kepada wartawan, Kamis (23/5) di Pasir Pengarayan. Menurutnya, sebelum penanda tanganan SK pengunduran diri kepala desa tersebut, mereka sudah diingatkan kalau peraturan KPU menyebutkan, setiap kepala desa yang mengajukan diri sebagai bacaleg harus mundur dari jabatannya.

Dari data yang ada di KPU Rohul, tercatat ada 12 orang kepala desa yang sudah mengundurkan diri dari jabatannya, termasuk dua orang anggota BPD. Meskipun nantinya mereka tidak terpilih, namun jabatan sebagai kepala desa tidak bisa lagi dilanjutkan, karena sudah ditunjuk Pjs untuk pemilihan kepala desa baru.

"Kepala desa yang maju sebagai bacaleg pada Pemilu 2014 mendatang, mulai tanggal 22 Mei lalu sudah sah mengundurkan diri sesuai surat pengunduran diri yang telah diajukannya kepada KPU Rokan Hulu," ucap Bhudia.

Sementara anggota KPU Rokan Hulu, Khairul Sahar menyebutkan, selain kepala desa, para anggota DPRD aktif yang mencalon diri dari partai berbeda juga harus mengundurkan diri dan surat pengunduran diri mereka harus disahkan oleh Gubernur Riau dan bila sampai batas pengumuman daftar calon tetap para anggota dewan tersebut belum juga mendapatkan surat pengunduran diri, maka mereka tidak akan diloloskan sebagai caleg sesuai peraturan KPU.

"Selain para kades, anggota DPRD aktif yang mencalonkan dari partai berbeda juga harus mengundurkan diri," tukasnya. (epi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus