Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Kapal Penyeberangan Jagoh Singkep-Penarik Lingga Kepri Terbakar

Kamis, 31 Mei 2018

Petugas Dishub memotret KMP Paray yang terbakar. (Foto:Istimewa)

LINGGA-Kapal penyeberangan atau roro KMP Paray rute Pelabuhan Jagoh di Pulau Singkep menuju Pelabuhan Penarik di Pulau Lingga, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, Rabu malam hangus terbakar. Api diduga berasal dari salah satu bagian ruangan penumpang yang dengan cepat merambat ke seluruh ruangan.

Agar arus penyeberangan tetap lancar, ASDP diminta betindak cepat dengan mendatangkan kapal penggantinya. Hal ini penting untuk agar penyeberangan angkutan kenderaan, barang dan orang di Kabupaten Lingga tidak lama terganggu, apalagi menjelang lebaran. 

Informasi yang diperoleh menyebutkan, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran kapal tersebut. Sebab, saat kebakaran tim SAR yang memang bersiaga di Pulau Penuba langsung bergerak cepat ke lokasi kejadian membantu petugas pemadam kebakaran yang datang dari Dabo Singkep dengan jarak sekitar 27 KM dari lokasi kejadian. 

Upaya pemadaman juga dibantu warga setempat, kepolisian dan ABK kapal KMP Sembilang yang kebetulan sedang sandar di pelabuhan Jagoh, Singkep. 

Sementara itu, Harun Abdul Gani mengomentari kebakaran kapal roro KPM Paray yang melayani rute Jagoh-Penarik meminta pemerintah pusat dan daerah mengintrospeksi diri dan melakukan langkah antisipasi agar kejadian serupa tak terulang. Selain itu, dia meminta pemerintah mengganti kapal roro yang sudah tua. "Pemerintah harus introspeksi diri," kata Harun kepada FokusRiau.Com, siang tadi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Lingga Yusrizal melalui Kepala Bidang Perhubungan Darat Novrizal mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, khususnya Kementerian Perhubungan untuk menangani masalah kapal tersebut. Dan pada hari ini tim dari Kementerian Perhubungan akan turun langsung, untuk mengecek penyebab kebakaran bagian lantai dua kapal tersebut.

Selain itu, dia mengaku telah berkoordinasi dengan PT. ASDP Ferry Indonesia untuk mengganti kapal yang baru. Ini penting untuk mengantisipasi tingginya arus mudik dan arus balik saat libur panjang anak sekolah yang bertepatan dengan libur Idul fitri. PT. ASDP Ferry Indonesia mengatakan akan mempertimbangkan hal tersebut. (*)




Penulis: Indra H Piliang
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus