Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Kapolres AKBP Efrizal Pimpin Apel Antisipasi Karhutla dan Bencana Alam di Inhu

Senin, 09 Desember 2019

Apel antisipasi karhutla dan bencana alam. (Foto:Obrin/FokusRiau.Com)

INDRAGIRI HULU-Kapolres AKBP Efrizal memimpin apel mengantisipasi karhutla dan penangulangan banjir serta longsor di Inhu.

Kapolres melalui Paur Humas Aipda Misran, Senin (9/12/2019) mengatakan, apel diikuti Sekdakab Hendrizal, Pasi Ops Kodim 0302 Inhu Kapt. Inf. Ardiyasman dengan AKP Buha Siahaan selaku perwira apel dan Komandan Apel Ipda Andra Leksi.

Kapolres menyampaikan, apel kesiapsiagaan diselenggarakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana dalam pencegahan dan penanggulangan bencana banjir dan longsor serta antisipasi karhutla tahun 2020 mendatang.

Berdasarkan data BMKG, sekarang sudah memasuki tahap musim penghujan yang rentan dengan bencana banjir dan longsor. "Kita semua tahu, banjir dan longsor membawa banyak permasalahan. Banjir dan longsor membuat orang kehilangan rumah, pekerjaan, penyakit dan yang paling buruk adalah merenggut nyawa," ujarnya.

Untuk mengantisipasinya, kegiatan paling sederhana yang dapat dilakukan membuang sampah pada tempatnya agar tidak menyumbat aliran air. Melakukan gerakan 3R, Reduce, Reuse dan Recycle. 

Selanjutnya menanam pohon. Dengan banyaknya pohon, air mudah menyerap tanah dan mencegah adanya genangan air. (*)




Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus