Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Kapolres AKBP Kaswandi Pimpin Pemadaman dan Pendinginan Karhutla di Desa Kesuma Pelalawan

Selasa, 02 Oktober 2018

Kapolres bersama personil melakukan pemadaman karhutla. (Foto:Istimewa)

PELALAWAN-Kebakaran hutan dan lahan (karhutla), Minggu kemarin kembali melanda Desa Kesuma, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Riau. Lahan yang terbakar merupakan milik Kelompok Tani dan masyarakat perorangan. 

Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan langsung turun ke lokasi didampingi Kapolsek Pangkalan Kuras, Camat, Danramil Pangkalan Kuras dan Kasatreskrim berikut 30 orang anggota kepolisian, RPK serta 20 orang karyawan perusahaan, MPA, TNI dan masyarakat.

Pemadaman dilakukan menggunakan peralatan ministriker 2, V20 2, V75, V82/V85. Menurut Kapolres, titik kordinat lahan terbakar adalah 0’04’16.4″N,101’54’11.5″E  dengan jenis lahan gambut dengan luas lahan terbakar sekitar 15 hektare milik Kelompok Tani dan Perorangan dengan area lokasi RT.05, RW 01 Dusun I Desa Kesuma.

Pemadaman dan pendinginan juga didukung satu helikopter WB milik BNPB, tiga mesin mini straiker milik kepolisian, dua mesin mini Tohatsu lengkap dan peralatan lainnya.

”Kondisi saat ini di lokasi terbakar sudah membaik dan tidak mengeluarkan api. Namun demikian, asap tebal dan angin kencang masih muncul di lokasi. Saat ini pemadaman dan pendinginan terus dilaksanakan," tukasnya.

Ditambahkan, dalam areal lokasi terbakar kepolisian juga sudah memasang garis polisi sebagai bagian dari proses penyelidikan yang tengah dilakukan untuk mengetahui apakah kebakaran tersebut mengandung unsur kesengajaan. (*)





Penulis: Tengku Arjan
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus