Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Kapolri Jenderal Tito dan Panglima TNI Marsekal Hadi Besok Pimpin Pemadaman Karhutla di Riau

Senin, 12 Agustus 2019

Kapolri dan Panglima TNI terbang bareng pakai Sukhoi. (Foto:Merdeka.com)

JAKARTA-Kapolri Jendral Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Senin (12/8/2019) ini dijadwalkan terbang ke Riau. Keduanya akan turun langsung meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

"Besok rencana kegiatannya memberikan pengarahan kepada satgas karhutla daerah setempat. Kedua langsung meninjau lokasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Palalawan, Riau," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan.

Kondisi lapangan yang cukup sulit dijangkau, menurut Dedi, membuat Kapolri Tito dan Panglima Hadi lebih awal tiba di Riau.

"TKP cukup jauh nanti menggunakan heli. Kemudian dari helipad menuju TKP harus menggunakan kendaraan roda empat atau pun roda dua sekitar 40 menit. Dari titik itu kemudian baru bergerak dengan jalan kaki. Karena itu wilayahnya gambut, jadi kalau kendaraan bermotor itu akan ambles maka harus jalan kaki sekitar 2 kilometer ke tempat kebakaran hutan," ulasnya.

Dikatakan, prioritas utama satgas karhutla saat ini adalah upaya pemadaman di kawasan Riau. Untuk itu, Kapolri Tito dan Panglima TNI Hadi langsung mengendalikan proses mitigasu dan penanganan di TKP.

"Di sana (Riau) cukup masif dan luas terjadi karhutla. Kalau di Kalteng maupun Kalbar dari titik hotspot memang ada peningkatan, tapi lebih banyak kecil-kecil. Artinya bahwa pelahan tradisional yang membuka lahan. Kalau di Riau sudah ada korporasi sebagai tersangka," tukasnya. (*)



 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Merdeka.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus