Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Karyawan PT Inecda di Inhu Riau Berencana Mogok Kerja, Ternyata Ini Penyebabnya

Kamis, 03 Mei 2018

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

INDRAGIRI HULU-Sekretaris Pimpinan Cabang Federasi Serikat Pekerja Pertanian dan Perkebunan (PC F.SPPP) Kabupaten Inhu Diston Pasaribu menyebut, karyawan PT Inecda berencana melakukan mogok kerja tiga hari, bila tuntutan mereka tidak dikabulkan pihak manajemen.

"Rencana mogok kerja sekitar 1.000 karyawan PT Inecda tersebut akan dilakukan 7-9 Mei 2018," ujar Diston kepada FokusRiau.com usai menghadiri rapat tripartit di Disnaker Inhu.

Dikatakan, tuntutan karyawan itu terkait penambahan bonus dua bulan pertahun berdasarkan gaji pokok untuk peningkatkan kesejahteraan karyawan. Karena bonus selama ini hanya satu bulan gaji pokok. "Tuntutan karyawan bukan banyak, tapi hanya meminta kenaikan bonus dua bulan. Alasannya, karena produksi perusahaan pertahun sudah mencapai target bahkan lebih dan perusahaan beruntung," ujarnya.

Memang tuntutan karyawan sudah pernah dilakukan perundingan di Disnaker Inhu sebelumnya, namun hasilnya belum ada keputusan dari perusahaan. Sampai sekarang, karyawan masih menunggu jawaban managemen. Karena kalau tidak dikabulkan, karyawan akan mogok kerja.

Sementara itu, Humas PT Inecda Joko ketika dikonfimasi, Kamis (3/5/2018) membenarkan rencana mogok karyawan, 7 Mei mendatang. Akan tetapi, perusahaan mengaku sudah menaikkan gaji sampai 105 persen dari besaran gaji pokok dan sudah pula dicairkan kepada karyawan melalui rekening mereka.

Namun demikian, kata Joko, karyawan malah menuntut kenaikan 250 persen dari gaji pokok, tentu itu semua merupakan hak mutlak managemen.

Sebagaimana informasi, dari pertemuan tripartit di Disnaker, Rabu kemarin dihadiri F.SPPP-SPSI Inhu serta manejer HRD dan Humas PT Inecda Pekanbaru. Pertemuan belum membuahkan hasil. (*)

 
 
Penulis : Obrin 
Editor : Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:57:13 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:51 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:50 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus