Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Metro Pekanbaru

Kasus Molotov Rumah Petinggi LAM Pekanbaru Harus Diusut Tuntas

Minggu, 22 Oktober 2017

Mobil jenis Avanza milik Nurhasyim yang terbakar dimolotov.(Foto: Istimewa)

PEKANBARU-Kasus pelemparan bom molotov di rumah Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Pekanbaru di Jalan Utama Kelurahan Rejosari, subuh (13/10/2017) lalu, harus diusut tuntas. Bukan hanya masalah kriminal, namun ini merupakan marwah orang Melayu Pekanbaru.
 
Datuk Nurhasyim yang menjadi korban pelemparan molotov tersebut merupakan salah seorang tokoh adat di Pekanbaru yang dalam kehidupan adat istiadat merupakan tokoh yang dipanuti dan dihormati. Kejadian ini juga dianggap sangat tidak pantas dan hanya dilakukan oleh orang yang tidak beradat.

"Dia itu merupakan orang tetua adat di Pekanbaru, oknum yang melakukannya ini saya pikir orang yang tidak beradat," kata Afrizal, S.Ag, Ketua Tapung Herritage dalam sebuah perbincangan di Pekanbaru, Minggu (22/10/2017).

Ketokohan Nurhasyim dalam Melayu dan juga sebagai Ketua MKA LAM Pekanbaru memang tak diragukan lagi. Kejadian ini sebut Afrizal, jelas sangat meruntuhkan marwah LAM Kota Pekanbaru.

"Aparat berwajib harus bisa mengusut tuntas kasus ini. Tak hanya cukup sampai tahu siapa pelakunya saja, tetapi harus diungkap terang benderang apa motif teror tersebut," tegas Afrizal lagi.

Kali ini kejadian tersebut terjadi di Pekanbaru, jika tak dituntaska,n maka bisa saja kejadian yang sama kembali terulang di LAM daerah lain. LAM juga ditegaskan agar jangan sampai diintervensi oleh kepentingan apa dan siapapun.

Ia berharap kepada masyarakat adat Pekanbaru untuk ikut membantu mengusut kasus ini. "Kepada kepolisian, kita minta kebijaksanaannya untuk membuka kasus ini terang benderang, jangan sapai ada yang ditutupi. Ini menyangkut marwah orang Melayu di Pekanbaru," tutur Afrizal.

Seperti diberitakan, pelemparan molotov tersebut terjadi saat Nurhasyim dan istri melaksanakan solat Subuh di masjid. Akibatnya, bagian depan satu unit mobil Avanza merah BM 1075 QQ yang diparkir di depan rumah Nurhasyim hangus terbakar.(andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus