Situs Portal Berita Riau
suzuki ertiga
facebook twitter fokusriau on google plus
citilink
Fokus DaerahKeberangkatan JCH Inhil Lewat Bandara Indragiri Menuai Polemik

Selasa, 28 Agustus 2012 - 18:56:59 WIB


TEMBILAHAN-Pemberangkatan Jemaah Calon Haji asal Kecamatan Guntung, Kabupaten Indragiri Hilir, mulai menuai polemik. Sebab, kebijakan pemberangkatan JCH melalui Bandara Indragiri sesuai SK Bupati dinilai hanya akan memberatkan JCH, baik dari segi materi maupun tenaga.

Karena JCH asal Guntung sebelum menuju Batam, diharuskan ke Tembilahan dahulu melalui Bandara Indragiri. Hal ini dinilai memberatkan JCH, mengingat JCH asal Guntung sebenarnya akan lebih mudah kalau langsung menuju Batam dari Guntung melalui jalur laut dengan jarak tempuh, waktu dan biaya yang jauh lebih ringan.

Menanggapi keluhan masyarakat tersebut, Anggota DPRD Inhil, Edy Gunawan mempertanyakan kebijakan Pemkab Inhil tersebut. Menurut Edy Gunawan, kebijakan itu dinilai hanya akan menganiaya JCH, karena sama sekali tidak efisiensi dan memudahkan Jemaah yang ingin menjalankan ibadah haji.

“Hal ini telah berlangsung sekian lama, tapi masih saja diterapkan pemerintah. Padahal, sesuai logika hal ini sangat memberatkan jamaah. Bayangkan jika jamaah yang tadinya bisa langsung ke Batam dengan biaya dan waktu tempuh lebih singkat, sekarang harus diberatkan dengan harus ke Tembilahan dulu. Artinya, setiap jamaah harus mengeluarkan biaya lagi untuk transportasi, penginapan dan makan selama menunggu di Tembilahan,” tukasnya.

Ditambahkan, pihaknya mengaku sudah berkali-kali mendesak Kemenag Inhil untuk meninjau kembali kebijakan terkait pemberangkatan JCH asal Guntung melalui Bandara Indragiri dengan menggunakan pesawat udara. Namun kenyataannya, Kemenag masih bersikukuh dengan alasan tanggung jawab keselamatan JCH.

“Bayangkan kalau jamaah asal Kecamatan Kateman diberangkatkan melalui Bandara Indragiri. Biaya lokal yang dikenakan sebesar Rp4juta itupun belum termasuk biaya perjalanan Guntung–Tembilahan. Sedangkan kalau mereka melalui Guntung  langsung menuju embarkasi Batam hanya menempuh waktu 1,5 jam dengan biaya hanya Rp150 ribu ” papar Edy Gunawan, Selasa (28/8).

Sementara itu, H Malik, tokoh masyarakat Kecamatan Kateman mengatakan, seharusnya jika jamah asal Guntung diberangkatkan melalui Guntung menuju ke Embarkasi Batam akan jauh lebih hemat. “Kita berharap Panitia JCH dari Kemenag Kabupaten Inhil bisa realistis terkait pemberangkatan JCH asal Guntung,” ujar H Malik. (don)


Berita terkait :


Terkini
Terpopuler




 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus