Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Kolom

Keikhlasan Memudahkan Semua Aktivitas

Senin, 29 Juni 2020

Aqua Dwipayana. (Foto:Istimewa)

Oleh: Aqua Dwipayana

PERHATIKANLAH orang-orang di sekitar kita. Ada yang setiap hari semua aktivitasnya lancar, sama sekali tidak ada kendala. Hasilnya yang berkualitas dapat dirasakan langsung baik oleh dirinya maupun orang lain.

Sebaliknya ada juga yang merasakan kesulitan saat melakukan kegiatan. Merasa selalu susah sehingga yang sering muncul keluhan dan umpatan. Perilaku kontraproduktif yang merugikan dirinya sendiri dan lingkungannya.

Ternyata ada hal mendasar yang membedakan dua perilaku itu. Sama-sama beraktivitas tapi hasilnya berbeda. Meskipun terkadang yang dikerjakan serupa.

Keikhlasan yang membuat perbedaan itu. Mereka yang ikhlas mengerjakan apa saja -tanpa menilai rendah atau tinggi pekerjaannya- biasanya melakukan apapun selalu diniatkan ibadah. Hanya mengharapkan ridho dan kemudahan dari TUHAN Sang Pencipta alam semesta.

Kemudian selalu mengawali aktivitasnya dengan berdoa secara khusyuk. Meyakini bahwa doa tersebut akan dikabulkan TUHAN.

Selanjutnya dengan suka cita dan totalitas melakukan pekerjaannya. Sama sekali tidak ada beban terutama yang terkait dengan manusia, meski tugas itu perintah dari atasan atau pimpinannya.

Terkadang Terkaget-Kaget Merasakan Langsung Kebesaran TUHAN. 
Fokus pada penuntasan pekerjaannya selalu menjadi hal utama. Punya target waktu dan kualitas hasilnya. Dengan begitu ada sesuatu yang ingin dicapai sehingga semangat mengerjakannya.

Kalau ada kendala, yakin bahwa akan ada segera solusi terbaik. Keyakinan itu timbul karena niat awal, sehingga merasakan bahwa saat mengerjakannya "bersama-sama" TUHAN. Begitu ada masalah, dengan caranya TUHAN akan membantu.

Bisa saja hitungannya detik, menit, atau jam, TUHAN mengirimkan "malaikat" yang wujudnya manusia. Sumbernya dari berbagai penjuru mata angin.

"Utusan" TUHAN itu dengan cepat segera membantu mengatasi semua persoalan yang muncul. Kejadian seperti ini memang di luar nalar, namun mereka yang terbiasa bekerja ikhlas sering merasakannya.

Terkadang terkaget-kaget merasakan langsung Kebesaran TUHAN tersebut. Itu sekaligus membuktikan bahwa TUHAN Maha Segalanya. BagiNYA tidak ada yang ngga mungkin dan tidak bisa. Bantuannya bisa secepat kedipan mata.

Orang Ikhlas Biasanya Tenang Melakukan Setiap Aktivitas
Jadi keikhlasan setiap melakukan aktivitas dan konsisten melaksanakannya sangat penting. Hal ini gampang diucapkan dan sangat mungkin dilaksanakan, bukan susah dilakukan.

Jika itu bisa dilakukan secara konsisten maka hasilnya bisa dirasakan. Kecepatan penuntasan dan kualitasnya berbeda dengan orang yang melakukan hal yang sama tapi tidak ikhlas.

Semua tergantung pada setiap individu. Berawal dari menyikapi pekerjaaan yang dilakukan dan niatnya. Dua hal itu sangat menentukan hasil aktivitas yang dilaksanakan.

Mulailah belajar dari orang-orang yang sudah terbiasa bekerja ikhlas. Mereka biasanya selalu tenang melakukan semua aktivitas. Yakin hasilnya optimal dan berkualitas.

Selamat menjadi orang yang ikhlas, hanya berharap ridho dari TUHAN. Semoga sukses melaksanakannya dan bisa konsisten. Aamiin ya robbal aalamiin...

Dari Bogor dalam suasana santai yang sangat menyenangkan saya ucapkan selamat membiasakan diri untuk selalu ikhlas melaksanakan semua aktivitas. Salam hormat buat keluarga. 14.00 28062020. (*)


Penulis Pakar Komunikasi dan Motivator Nasional



Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus