Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Kolom

Keistimewaan Alquran

Selasa, 07 Agustus 2012


Oleh: Norma Susilawati *

Aku akui suaramu sangat merdu ketika kamu bernyanyi, tapi mengapa ketika membaca Alquran tidak menggunakan tajwid sehingga bacaannya tak bernada?

Aku akui suaramu sangat indah ketika kamu membacakan sebuah puisi, tapi mengapa ketika membaca Alquran kamu terbata-bata sehingga tak ada sedikitpun keindahan?

Aku akui koreografimu di atas panggung sangat sempurna, tapi mengapa koreografimu di atas panggung sajadah tidak sempurna?

Ku akui jari jemarimu sangat cantik ketika menari-nari di atas laptop atau HP, tapi mengapa jari jemarimu tidak pernah menari di atas butiran tasbih?

Ku akui wawasanmu luas karena sering membaca buku, tapi mengapa Alquran tidak pernah kamu baca apalagi menyentuhnya?!

Aku akui kamu sangat cepat menghafal lagu-lagu yang kamu suka, Tapi apakah kamu pernah menghafal Alquran?

Sangat disayangkan ketika kita hanya memikirkan dunia saja, tanpa memikirkan bahwa kita hidup di dunia hanyalah sementara. Kebahagiaan yang kita rasakan di dunia belum tentu di akhirat kita bisa merasakan hal yang sama. Apa kamu tahu? Dan apakah kamu percaya? Bahwa Alquran dapat menolong kita dari siksa-Nya.

Apa kamu tahu bahwa Alquran itu punya keistimewaan? Keistimewaan Alquran antara lain :

1. Keistimewaan Tilawah (Membaca)
Alquran adalah sebuah kitab yang harus dibaca, bahkan sangat dianjurkan untuk dijadikan sebagai bacaan harian. Allah SWT menilainya sebagai ibadah bagi siapapun yang membacanya. Pahala yang Allaha berikan tidak dihitung per ayat atau per kata, melainkan per huruf, sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW yang artinya :
"Aku tidak mengatakan bahwa Alif Lam Mim itu satu huruf, namun Alif adalah satu huruf, lam satu huruf, mim satu huruf." (HR. At Tirmidzi)

2. Keistimewaan Tadabbur (merenungkan)
Alquran mampu menjadi ruh (penggerak) bagi kemajuan kehidupan manusia manakala selalu dibaca dan ditadabburkan makna yang terkandung dalam setiap ayat-ayatnya. Allah SAW berfirman yang artinya: "Dan demikianlah kami wahyukan kepadamu sebuah ruh (Alquran) dengan perintah kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab itu dan dan tidak pula mengetahui apakah iman itu? Tetapi kami menjadikan Alquran itu cahaya, yang kami tunjuki dengannya siapa yang kami kehendaki di antara hamba-hamba kami. Dan sesungguhnya kami benar-benar memberi petunjuk kepada jalan yang lurus.”(QS Asy-Syuuraa: 52)

3. Keistimewaan Hifzh (menghafal)
Alquran selain dibaca dan direnungkan juga perlu untuk dihafal. Dipindahkan dari dalam tulisan ke dalam dada, karena hal ini merupakan ciri khas orang-orang yang berilmu, juga sebagai tolok ukur keimanan dalam hati seseorang. Allah SAW berfirman yang artinya : "Sebenarnya Alquran itu adalah ayat-ayat yang jelas didalam dada-dada orang yang diberi ilmu, dan tidaklah mengingkari ayat-ayat kami kecuali orang-orang yang zalim.” (QS Al-‘Ankabut: 49)

Nah, sudah jelaskan Alquran sangatlah istimewa. Sangatlah bermanfaat bagi kita sebagai orang beriman. Jadi.... yukz... kita pelajari Al Qur’an hingga menghafalnya. Dengan belajar AL Qur’an ini bukan berarti kamu tidak boleh bernyanyi, membaca puisi, dan sebagainya. Semua ada batasannya, ketika masih dalam tahap kewajaran silahkan saja. Kita sebagai insan yang lemah memang memerlukan hiburan, tapi carilah hiburan yang juga ada manfaatnya.

* Guru TKIT Al Qur’an El Fawaz


** Kami menerima kiriman tulisan dan konsep pemikiran anda dari berbagai bidang dan disiplin ilmu. Kirimkan naskah anda berikut foto diri ke alamat : [email protected]


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus