Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Kembali Dipenjara, 7 Gepeng dan 3 Anak Punk Dipulangkan

Sabtu, 04 Mei 2013


DUMAI-Dinas Sosial Kota Dumai memulangkan tujuh orang gelandangan pengemis atau gepeng dan tiga anak punk ke daerah asal, usai dijaring operasi Satuan Polisi Pamong Praja.
 
Kepala Dinas Sosial Dumai, H Darmawan mengatakan, sebelum dipulangkan, para gepeng dan anak punk tersebut diminta untuk menandatangani pernyataan yang berisikan ancaman hukuman penjara setahun bila kembali lagi ke Dumai.
 
Gepeng dan anak punk dijaring Dinas Sosial bekerjasama dengan Satpol PP saat berkeliaran di persimpangan lampu merah dan jalan-jalan protokol kota, Kamis (2/5) kemarin. “Razia digelar bersama petugas Satpol PP secara spontanitas untuk memberikan efek jera dan shock terapi kepada mereka yang keberadaannya semakin marak,” kata Darmawan, Jumat (3/5).
 
Dijelaskan, dari 11 orang yang terjaring razia Satpol PP dan Dinsos, selain memulangkan 10 orang ke daerah asal, seperti ke Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Yogyakarta, satu di antaranya adalah gepeng dari Dumai.
 
Sebelum dipulangkan, menurut Darmawan, gepeng dan anak punk tersebut diminta untuk menandatangani surat pernyataan yang berisi kalau mereka siap dipenjara selama satu tahun bila kedapatan kembali ke Dumai.
 
“Pernyataan supaya tidak mengulangi lagi perbuatannya kembali ke jalanan ini sebagai tindakan tegas pemerintah yang dimaksudkan untuk memberi efek jera,” papat Darmawan.
 
Keberadaan gepeng dan anak punk di Dumai, diakui Darmawan semakin banyak dan makin sulit untuk diantisipasi. Berkali-kali Pemko Dumai sudah melakukan hal serupa, memulangkan ke daerah asalnya tapi hasilnya tetap sama, mereka kembali lagi ke Dumai. "Kita kehabisan akal mengatasi gepeng ini. Tapi kita juga membuka diri untuk mendapatkan masukan dan solusi dari masyarakat untuk menuntaskan persoalan sosial ini. Mari kita cari jalan terbaik bersama-sama. Kamis siap menerima masukan dari masyarakat,” tuturnya. (dik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus